Sering Stres Karena Jerawatan? Ini Saran Psikolog
Ilustrasi: lehighcenter.com
Wellness

Sering Stres Karena Jerawatan? Ini Saran Psikolog

Sabtu, 9 Nov 2019 | 09:00 | Amalia Purnama Sari

Winnetnews.com - Jerawat merupakan penyakit kulit yang sering menimpa banyak wanita. Ketika muncul, tidak sedikit wanita yang merasa sebal dan bad mood. Dalam beberpa kasus, munculnya jerawat bahkan bisa memicu stres pada wanita.

Saat stres datang karena muncul jerawat dimana-mana, psikolog Ratih Zulhaqqi menyarankan untuk mengatasi perasaan negatif yang muncul. Ia mengatakan hal terpenting untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerima kondisi wajah berjerawat.

“Harus diterima dulu. Bukan malah berpikir negatif. Intinya adalah ketika jerawat datang yang penting harus berpikir positif dengan keadaan dan berpikir bahwa kulit kamu memang rentan jerawatan,” kata Ratih, seperti dikutip dari Wolipop.

Ratih tidak menyangkal bahwa jerawat justru bisa bertambah ketika seseorang mengalami stres atau depresi. Fenomena ini dinamakan dengan acne depression. Ketika hal ini terjadi, Ratih menyarankan agar orang memahami terlebih dahulu bahwa kondisi jerawat tersebut disebabkan karena masalah emosional.

“Saat sudah memahami jerawat timbul karena stres, coba lakukan pengobatan untuk mengatasinya. Ketika sudah melakukan cara untuk menyembuhkan masalah jerawat namun masalah tersebut terus muncul, kamu tidak perlu sedih.

“Daripada ngedumel dan sedih yang tentunya akan membuat kamu lebih stres, lebih baik menerima kondisinya terlebih dahulu. Kamu harus memahami bahwa kulitmu memang kondisi wajah dan horomonmu sedang tidak stabil,” jelasnya.

TAGS:
gaya hidupwajah berjerawatmasalah kulit wajahjerawat bikin stresacne depression

RELATED STORIES

Loading interface...