Siap-siap Kejutan Lain dari Sri Mulyani: Pinjaman Nol Persen untuk Rumah Tangga
Foto: Tempo.co
Ekonomi dan Bisnis

Siap-siap Kejutan Lain dari Sri Mulyani: Pinjaman Nol Persen untuk Rumah Tangga

Jumat, 7 Agt 2020 | 18:10 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Dalam rangka mendongkrak kembali perekonomian Indonesia, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berencana akan menyalurkan stimulus lain, salah satunya adalah membantu masyarakat terutama rumah tangga melalui pemberian akses pinjaman dengan bunga  nol persen.

Staf Khusus Menteri Keuangan Bidang Komunikasi Strategis Yustinus Prastowo mengungkapkan, skema bantuan ini sedang disiapkan pemerintah untuk segera diluncurkan. Diharap stimulus ini dapat mendorong konsumsi masyarakat yang pada kuartal II turun tajam.

"Akan ada skema pinjaman untuk rumah tangga tanpa bunga sehingga bisa diakses, itu yang sedang disiapkan," ujarnya dalam acara webinar Keterbukaan Informasi Publik 2020: UMKM Melejit, Ekonomi Bangkit, Kamis (6/8/2020).

Meski begitu Yustinus tidak menjelaskan secara detail skema yang dimaksud dikarenakan pembahasannya yang belum final.

Selain itu dalam rangka meningkatkan konsumsi dan mendorong daya beli, pemerintah juga akan memberikan tambahan bantuan sosial (bansos) untuk penerima Program Keluarga Harapan (PKH) berupa beras seberat 15 kg. Ini akan diberikan kepada 10 juta masyarakat dengan total anggaran Rp 4,6 triliun.

Bagi penerima kartu sembako di luar PHK pemerintah juga akan memberi bantuan tunai sebesar Rp500 ribu. Bantuan ini diberikan kepada sekitar 10 juta masyarakat dengan total anggaran Rp 5 triliun yang akan mulai dibayarkan pada Agustus ini.

Yang terbaru, pemerintah juga masih menggodok bantuan berupa tambahan gaji kepada pegawai swasta yang gajinya di bawah Rp 5 juta per bulan. Ini akan diberikan kepada sekitar 13 juta pegawai dengan total anggaran Rp 31,2 triliun.

"Jadi ini supaya ada tambahan daya beli, supaya mereka terbantu dan diperhatikan," kata dia.

 

TAGS:
ekonomiSri Mulyanistimulus ekonomi

RELATED STORIES

Loading interface...