Siapakah Orang Paling Kuat di Dunia?

Rusmanto
Rusmanto

Siapakah Orang Paling Kuat di Dunia? Presiden Rusia Vladimir Putin

WinNetNews.com - Forbes menempatkan Presiden Rusia Vladimir Putin dinobatkan kembali sebagai orang terkuat di dunia untuk keempat kalinya secara berturut-turut.

"Presiden Rusia telah menggunakan pengaruh negaranya di hampir semua penjuru dunia," demikian ditulis Forbes seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (15/12/2016).

"Dari tanah air ke Suriah hingga pemilihan presiden AS, Putin terus mendapatkan apa yang dia inginkan," imbuh Forbes dalam tulisannya.

Menurut Forbes, Putin tidak terhalang oleh norma-norma konvensional global dan jangkauannya telah berlipat ganda dalam beberapa tahun ini.

Posisi kedua ditempati oleh presiden terpilih AS Donald Trump. "Dia tampaknya memiliki kekebalan untuk skandal, kedua majelis di Kongres berada di pihaknya, dan kekayaan bersih pribadi yang bernilai miliaran dolar." Sebelumnya pada tahun 2015, Trump berada di urutan ke-72 dalam daftar peringkat tahunan Forbes tersebut.

Adapun peringkat ketiga dipegang oleh Kanselir Jerman Angela Merkel yang telah memimpin kekuatan ekonomi Eropa itu selama 11 tahun, dan telah mengumumkan rencana untuk kembali mencalonkan diri tahun depan.

Barack Obama yang berada di peringkat kedua pada tahun 2015, anjlok ke peringkat 48 tahun ini. Sedangkan Presiden China Xi Jinping menempati urutan keempat dalam daftar orang terkuat di dunia versi Forbes tahun 2016. Adapun peringkat kelima ditempati oleh Paus Fransiskus.