Sidang Paripurna Pemilihan Ketua DPD RI akan Digelar Selasa Mendatang
Nasional

Sidang Paripurna Pemilihan Ketua DPD RI akan Digelar Selasa Mendatang

Kamis, 6 Okt 2016 | 22:45 | Ahmad Mashudin

WinNetNews.com - Hasil rapat Panmus DPD RI menyepakati untuk segera melakukan paripurna luar biasa untuk pemilihan ketua, baik untuk ketua wilayah barat maupun ketua DPD yang sebelumnya diduduki oleh Irman Gusman. Paripurna luar biasa itu di digelar Selasa (11/10) mendatang.

"Kita sudah sepakati dengan suara bulat meskipun ada perbedaan tapi dengan semangat kebersamaan, akhirnya kami sampai pada kesepakatan tentu segala resiko kita hadapi. Kita sepakat untuk melakukan pemilihan pimpinan pada hari Selasa (11/10) jam 14.00 siang," kata Wakil Ketua DPD Farouk Muhammad di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Kamis (06/10/2016).

Farouk mengatakan jadwal itu ditentukan setelah disesuaikan dengan jadwal Mahkamah Agung (MA) yang berkewenangan untuk mengambil sumpah Ketua DPD terpilih. Hal tersebut sekaligus memberi kesempatan bagi anggota dari wilayah barat untuk melakukan konsolidasi bersama menentukan calon Ketua Indonesia bagian barat.

Farouk menjelaskan setelah terpilihnya Ketua dari Indonesia bagian barat maka akan dilanjutkan dengan pemilihan Ketua DPD dari 3 pimpinan wilayah yang telah ada.

"Satu orang satu kali tahap satu semua sidang paripurna memilih bakal calon dari wilayah barat, memilih lalu melahirkan satu suara terbanyak menjadi pimpinan terpilih. Kemudian 3 orang pimpinan dipilih satu kali lagi mencari lagi ketua terpilih dan itu dihari yang sama. Ya mudah-mudahan musyawarah mufakat," terang Farouk.

Terkait posisi Ketua DPD, Farouk mengatakan belum berkeinginan untuk menduduki jabatan tersebut.

"Saya belum punya keinginan untuk jadi ketua, saya semata-mata menyerahkan pada anggota, tidak ada kampanye, tidak ada tim sukses buat saya. Tim sukses saya Allah SWT. Kalau garis tangan saya jadi ketua ya jadi ketua kalau engga ya ngapain biarin saja," ujar Farouk.

Farouk menegaskan bahwa dia tidak perlu didukung dan menyerahkan pilihan pada anggota DPD. Dia mengaku siap apabila dipercaya menjadi Ketua DPD.

"Ya saya terserah anggota kalau ada yang mendukung ya maju saja, saya siap saja namanya kepercayaan anggota kok," imbuhnya.

Untuk pemilihan ketua wilayah bagian barat disepakati tidak akan ada persyaratan khusus sehingga semua anggota berhak dipilih dan memilih.

Mengenai masa jabatan, Farouk berujar menyerahkan putusan kepada Pansus tatib, yang pasti ketua terpilih akan melanjutkan masa jabatan Irman Gusman yang kini menjadi tahanan KPK.

"Jabatannya dia (ketua baru) melanjutkan Pak Irman, ini kan peralihan namanya kalau nanti ditetapkan Pansus cuma 2,5 tahun ya berhenti disitu kita alahualam. Pansus sedang bekerja sekarang," tutupnya.

Sementara itu, salah satu anggota DPD Bahar Ngitung justru menyayangkan keputusan diadakannya paripurna luar biasa Selasa (11/10) tu yang tidak menunggu hasil sidang praperadilan Irman Gusman.

"Saya tidak ikut dalam keputusan ini karena saya anggap bahwa keputusan ini telah mengebiri hak seseorang. Bagaimana misalnya Pak Irman bebas dari praperadilan, dia menang di praperadilan? Berarti kita menghukum orang yang tidak bersalah. Betapa berdosanya kita karena tidak memberi kesempatan rehabilitasi. Saya protes dan saya mengatakan tidak setuju sampai akhir karena keputusan sekarang ini bisa menjadi preseden yang buruk," ujar Bahar setelah mengikuti rapat Pansus di lokasi yang sama.

TAGS:
KPKdpdDPR RIsidang paripurna DPRketua

RELATED STORIES

Loading interface...