Sidang Perdana Kasus Penyerangan Novel Baswedan Digelar Hari Ini
Foto: Kompas.com
News

Sidang Perdana Kasus Penyerangan Novel Baswedan Digelar Hari Ini

Kamis, 19 Mar 2020 | 11:56 | Anggara Putra Utama

Winnetnews.com - Pengadilan Negeri Jakarta Utara akan menggelar sidang perdana kasus penyerangan terhadap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan, dengan agenda pembacaan dakwaan, hari ini, Kamis (19/3/2020).

Ketua Wadah Pegawai (WP) KPK Yudi Purnomo menyatakan, pihaknya dan tim advokasi Novel Baswedan akan terus mengawasi persidangan jalannya persidangan.

"WP KPK, sebagai advokasi Bang Novel akan datang mengikuti sidang dan akan melihat dakwaannya seperti apa," ujar Yudi di Gedung KPK, dikutip dari liputan6.com

Ia pun berharap tetap bisa datang ke sidang tersebut meski berlangsung di tengah situasi bencana nasional dan pandemi global virus corona atau Covid-19.

"Kami akan datang jika memungkinkan, untuk melihat situasi yang ada," tambahnya 

Terkait persidangan yang akan digelar, ia berharap jaksa penuntut umum (JPU) mampu membongkar secara gamblang bagaimana teror terhadap Novel Baswedan terjadi, termasuk pelaku atau dalang di baliknya.

Berkenaan dengan jalannya sidang hari ini, Novel Baswedan sendiri kemungkinan tidak bisa hadir dikarenakan kondisi kesehatan. 

Saor Siagian selaku penasihat hukum Novel menjelaskan, "Karena kondisi mata memburuk, jadi kemungkinan besar tidak bisa hadir”.

Persidangan dijadwalkan akan digelar dalam dua dakwaan yang terpisah dan direncanakan dimulai pada pukul 13.00 WIB untuk pelaku pertama, yaitu RB. 

Sebelumnya, RB dan RM ditetapkan menjadi tersangka untuk kasus penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan pada April 2017. Keduanya diamankan dengan status anggota Polri aktif di sebuah rumah yang terletak di Cimanggis, Depok, Jawa Barat oleh Ditreskrimum Polda Metro Jaya pada Kamis (26/12/2019) lalu.


 

TAGS:
Novel BaswedanKPK

RELATED STORIES

Loading interface...