Soal Calon Kapolri Baru, MUI Minta Jokowi Pilih yang Diterima Umat
Anwar Abbas
Nasional

Soal Calon Kapolri Baru, MUI Minta Jokowi Pilih yang Diterima Umat

Selasa, 12 Jan 2021 | 15:02 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com - Majelis Ulama Indonesia (MUI) meminta Presiden Joko Widodo agar lebih bijak dalam memilih calon kapolri baru pengganti Jenderal Idham Aziz. 

Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas juga meminta Jokowi tak menunjuk kapolri baru hanya berdasarkan kedekatan. 

"Akan mencalonkan dan menunjuk seseorang menjadi kapolri, pertimbangannya tentu tidak cukup hanya didasarkan kepada kedekatan, loyalitas dan profesionalitas saja, tapi harus lebih luas dari itu, yaitu mana yang lebih besar maslahat dan manfaatnya bagi bangsa dan negara," kata Anwar dalam keterangannya, Selasa (12/1). 

Anwar juga menyebut Jokowi perlu mengetahui hubungan antara pemerintah dan umat Islam agak terganggu. Penyebabnya, menurut Anwar karena terjadinya kriminalisasi terhadap ulama. 

"Meskipun pemerintah katanya tidak melakukan itu, tapi sikap dan pandangan ini tentu tidak boleh dianggap enteng oleh pemerintah karena dia bisa menjadi seperti api di dalam sekam," kata dia.

"Apalagi kalau seandainya sebagian besar umat Islam merasa terus-menerus disakiti dan dikecewakan, ditambah lagi dengan persoalan krisis kesehatan karena COVID-19 yang tidak jelas kapan berakhirnya dan juga krisis ekonomi yang cukup berat," sambungnya.

Namun, Anwar mengaku tetap menghormati hak prerogatif Presiden Jokowi. Ia hanya mengingatkan agar memilih pejabat yang dapat diterima masyarakat luas. 

"Untuk itu saya berharap dalam penunjukan dan penetapan seorang kapolri di tengah-tengah situasi seperti ini tentu saja Presiden sangat diharapkan dan dituntut kearifannya untuk bisa memilih sosok seorang kapolri yang bisa diterima oleh masyarakat secara luas," ujarnya.

TAGS:
Anwar AbbasMUI

RELATED STORIES

Loading interface...