Soal Jatah-jatahan Kursi Menteri, Ini Jawaban Jokowi

Daniel
Daniel

Soal Jatah-jatahan Kursi Menteri, Ini Jawaban Jokowi Joko Widodo

Winnetnews.com - Presiden Joko Widodo dengan tegas menyatakan tidak ada “jatah-jatahan” terkait dengan pembagian kursi menteri untuk para politikus dari partai politik pendukungnya. Menurutnya, sejak awal membentuk kabinet, ia tidak pernah melakukan hal itu.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut juga mengatakan semua partai pendukungnya sudah mengetahui jika penyusunan kabinet merupakan hak prerogatif dari Presiden. Meski demikian, Jokowi memaklumi jika ada partai yang memperoleh persentase suara besar, mendapatkan porsi kursi menteri yang lebih banyak.

“Dalam politik bukan masalah, tanya saja ke partai-partai apa pernah kita bicara masalah menteri? Atau menteri apa? Enggak pernah,” tukas Jokowi di Istana Merdeka, seperti dikutip dari Antara.

“Kalau beliau-beliau tahu itu hak prerogatif presiden, ya logis persentase gede masa diberi satu, yang persentase kecil diberi menteri empat, ya enggak gitu, bukan penjatahan, normal saja,” tambah Jokowi.

Menurut Jokowi meskipun tidak ada “jatah-jatahan” pada pembagian kursi menteri, tetapi tidak ada masalah dengan semua partai koalisinya. “Nyatanya lima tahun kemarin tidak ada masalah, semua dengan komunikasi, baik dengan ketua umum partai, dengan sekjen-sekjen, semua bisa dibicarakan saya kira dari pengalaman tidak ada masalah,” tutupnya.