Soal Tudingan BPN Tak Relevan, KPU Tak Mau Tanggapi di MK
Foto: ANTARA/Hafidz Mubarak
Nasional

Soal Tudingan BPN Tak Relevan, KPU Tak Mau Tanggapi di MK

Kamis, 13 Jun 2019 | 10:25 | Sofia Citradewi

Winnetnews.com - Hasyim Asy’ari selaku Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) menegaskan tak akan menanggapi dalil yang tak relevan dengan KPU dalam permohonan sengketa hasil pilpres yang diajukan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi kepada Mahkamah Konstitusi (MK).

Sejauh ini, KPU mengklaim siap menjawab dalil yang dituduhkan BPN, terkhusus untuk dalil yang relevan dengan penyelenggaraan tahapan pemilu.

“Sepanjang relevan atau berkaitan dengan penyelenggaraan pemilu, KPU akan jawab. Kalau itu bukan urusannya KPU, KPU tak akan jawab,” kata Hasyim di gedung MK (12/6/2019) seperti dikutip dari Kompas (13/6/2019).

Lebih lanjut, Hasyim menerangkan, contoh dalil yang tak relevan salah satunya adalah soal penggerakan Aparatur Sipil Negara (ASN). Dalil tersebut dicantumkan dalam berkas permohonan sengketa pilpres bagian “Tentang Kecurangan Terstruktur, Sistematis, dan Masif: Penggunaan Birokrasi dan BUMN”.

Menurut Hasyim, dalil tersebut tak ada sangkut pautnya dengan KPU, sehingga tak akan menanggapi. "KPU kan nggak bisa menggerakan ASN, nggak bisa mencegah ASN," katanya.

Sementara itu, KPU mengaku telah menyerahkan dokumen jawaban dan alat bukti ke MK. "Tapi kalau urusan soal Situng, ini kok kesalahanya masif, nah ini kan urusanya KPU. Maka KPU akan urusi yang jadi urusan KPU," lanjut Hasyim.

Untuk diketahui, MK akan mulai menggelar sidang perdana gugatan hasil pemilu presiden pada Jumat (14/6/2019). MK akan memutuskan lanjut atau tidaknya sengketa ke tahapan persidangan dengan mempertimbangkan permohonan beserta barang bukti yang diajukan (Putusan Sela).

Jika berlanjut, maka pada 17-24 Juni nanti, MK melakukan sidang dengan agenda pemeriksaan pembuktian. Hal ini termasuk rangkaian dalam proses persidangan sengketa. Pada 28 Juni, MK akan membacakan putusan sengketa pilpres.

 

TAGS:
KPUMKsengketa pilpresBPN

RELATED STORIES

Loading interface...