Sri Mulyani : Banyak Negara yang bernasib Sama Seperti Indonesia Alami Masalah Pajak e-Commerce
Ekonomi

Sri Mulyani : Banyak Negara yang bernasib Sama Seperti Indonesia Alami Masalah Pajak e-Commerce

Rabu, 12 Okt 2016 | 20:05 | Ahmad Mashudin

WinNetNews.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam pertemuan tahunan World Bank dan International Monetary Fund (IMF) sempat membahas soal pajak usaha berbasis online seperti Google dan Apple. Dalam pembahasan tersebut, dia mengatakan banyak negara-negara yang bernasib sama seperti seperti Indonesia.

Meskipun perusahaan-perusahaan tersebut berdiri di suatu negara, namun ternyata mereka sulit untuk dipajaki bahkan terkesan menghindari pajak yang seharusnya menjadi pendapatan negara.

"Di negara lain juga sama, banyak yang mengalami hal-hal seperti perusahaan e-commerce menghindari pajak atau sulit dipajaki. Contohnya di Amerika Serikat, ada Apple yang saat ini masih menjadi masalah," kata dia di kantor Kemenkeu, Jakarta, Rabu (12/10/2016)

Hal ini tentunya, menurut Ani sudah menjadi isu yang sangat penting untuk seluruh negara termasuk Infonesia. Sehingga harus dibahas di forum internasional dan dicarikan solusinya.

"Dalam forum-forum tersebut perlu dibahas untuk membangun sistem perpajakan yang adil. Ini langkah yang sangat penting agar komitmen ini bisa memperkecil ruang penghindaran pajak," pungkasnya.

TAGS:
AppleIMFGooglee commerceSri Mulyani

RELATED STORIES

Loading interface...