Sri Mulyani Umumkan Gaji ke-13 PNS Cair Bulan Agustus
Foto: Detikcom
News

Sri Mulyani Umumkan Gaji ke-13 PNS Cair Bulan Agustus

Selasa, 21 Jul 2020 | 16:22 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengumumkan gaji ke-13 Pegawai Negeri Sipil (PNS) akan cair pada bulan Agustus mendatang. Ia berharap cairnya gaji ke-13  tersebut dapat menjadi stimulus untuk ekonomi di tengah wabah corona yang belum berakhir.

"Pembayaran gaji ke-13 direncanakan Agustus 2020 dan pelaksanaan ini akan segera mengeluarkan revisi dari regulasi-regulasi yang ada," ujar Sri Mulyani melalui siaran youtube Kemenkeu, Jakarta, Selasa (21/7).

Sri Mulyani mengungkapkan gaji ke-13 ASN sebenarnya sudah dianggarkan dalam APBN 2020. Namun dikarenakan pandemi virus corona, pelaksanaannya sempat mengalami perubahan yang mempengaruhi seluruh postur APBN.

"Terutama belanja negara, di mana banyak tambahan anggaran yang muncul untuk penanganan Covid-19 dan pemberian bansos dan pemulihan ekonomi. Sehingga pemerintah melakukan pengelolaan dalam APBN agar betul-betul fokus menangani Covid-19 dan dampaknya ke sosial dan ekonomi," lanjutnya.

Dia kemudian juga menambahkan, saat ini pemerintah juga tengah menyiapkan anggaran sebesar Rp28,5 triliun terkait dengan pencairan gaji ke-13 tersebut. Secara rician, Sri menjelaskan terdiri gaji ASN pusat, pensiunan dan ASN daerah.

"Terdiri dari untuk APBN ASN untuk gaji dan tunjangan yang melakat pada gaji ASN pusat adalah Rp6,73 triliun. Sedangkan untuk pensiun gaji ke-13 anggarannya Rp7,86 triliun. Untuk pembayaran ASN daerah melalui APBD adalah Rp13,89 triliun. Sehingga total untuk pembayaran gaji ke-13 adalah Rp28,5 triliun," jelas Sri Mulyani.

Namun sama dengan Tunjangan Hari Raya (THR), Sri Mulyani mengatakan gaji ke-13 tidak diberikan kepada pejabat negara, pejabat eselon I dan II serta pejabat setingkat golongan tersebut.

"Untuk kebijakan gaji dan pensiunan ke-13 kami melaksanakan dengan memperhatikan kebijakan THR yang sudah dilakukan pada Mei lalu yaitu tidak diberikan kepada pejabat negara, pejabat eselon I, eselon II dan pejabat setingkat mereka," ujarnya.

TAGS:
Sri Mulyanigaji ke 13PNS

RELATED STORIES

Loading interface...