Sri Mulyani: Wisma Atlet Bisa Digunakan Sebagai Tempat Isolasi Pasien Corona
Foto: Bisnis.com
News

Sri Mulyani: Wisma Atlet Bisa Digunakan Sebagai Tempat Isolasi Pasien Corona

Rabu, 18 Mar 2020 | 18:01 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan akan berkoordinasi dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk pemanfaatan wisma atlet sebagai tempat isolasi pasien virus corona.

"Wisma atlet bisa digunakan menjadi tempat yang paling siap. Listrik, air, tempat tidur sudah ada. Sekarang, tinggal minta BNPB melaksanakan dan menyiapkan menjadi tempat isolasi," kata Sri Mulyani dikutip dari CNNIndonesia.com, Rabu (18/3).

Menurutnya, tidak hanya pasien yang menunjukkan gejala yang akan diisolasi di wisma atlet, namun tempat tersebut juga bisa menampung orang yang membutuhkan dukungan medis, termasuk yang tidak menunjukkan gejala, namun memiliki potensi menularkan.

"Yang penting, mereka harus isolasi diri agar tidak menularkan, jadi dibutuhkan suatu tempat. Wisma atlet bisa digunakan," tambahnya.

Masih dalam upaya penanganan corona, Menteri BUMN Erick Thohir sebelumnya secara khusus menyulap RS Pertamina Jaya dan Hotel Patra Comfort sebagai tempat penanganan orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien yang terinfeksi.

ODP corona sendiri sebelumnya tidak mendapatkan perawatan di rumah sakit. Namun jika terdapat anggota keluarga yang meninggal akibat corona, ODP tersebut akan diisolasi, walaupun tidak memiliki gejala virus corona. 

Menurut Staf Khusus Kementerian BUMN Arya Sinulingga, RS Pertamina Jaya telah menyiakan kapasitas kamar tidur sebanyak 65 unit untuk menampung pasien corona. 

"Jadi RS Pertamina Jaya akan gunakan bangunan lama di sekitar Cikini dan Pramuka. Itu ada ruangan isolasi dengan tekanan tinggi di tiga lantai, sehingga sistem penyaluran udaranya tidak terlewati virus," kata Arya.

Rinciannya dari 65 unit tempat tidur tersebut terdiri dari 20 tempat tidur untuk perawatan setara ICU dan 45 sisanya merupakan tempat tidur untuk non ICU. Di samping itu juga, RS Pertamina Jaya akan dilengkapi dengan fasilitas radiologi dan laboratorium diagnostic untuk mendeteksi virus corona.

TAGS:
Sri MulyaniCorona

RELATED STORIES

Loading interface...