Stok Darah PMI Menipis!  Bolekah Donor Darah saat Puasa?
donor darah saat puasa / foto: istimewa
Kesehatan

Stok Darah PMI Menipis! Bolekah Donor Darah saat Puasa?

Selasa, 13 Jun 2017 | 16:37 | kontributor

winnetnew.com - Memasuki pekan ketiga Ramadan, jumlah stok darah di PMI menurun. Ini karena jumlah orang yang donor berkurang, dengan alasan sedang berpuasa. '

Nyatanya, dokter mengungkapkan berpuasa saat donor sebenarnya boleh-boleh saja. Yang penting, kondisi fisik sedang sehat dan bugar. Perhatikan juga waktu donor yang tepat.

Menurut dokter spesialis jantung dan pembuluh darah RS Pusat Jantung Nasional Harapan Kita, dr Isman Firdaus, SpJP, MD, sebaiknya donor darah dilakukan di sore hari. Ini supaya lebih dekat dengan waktu berbuka puasa.

"Donor darah tidak akan mengganggu ibadah puasa, yang penting pastikan kondisi tubuh sehat. Saat puasa darah yang diambil juga biasanya tidak banyak, maksimal 300 cc. Ini penting untuk menyokong stok darah di PMI," ungkap dr Isman.

Yang perlu diperhatikan, sebelum donor pastikan tubuh kamu sendiri dalam kondisi yang baik. Biasanya ditandai dengan tekanan darah normal, tubuh fit dan segar, dan tidak sedang sakit.

"Dilihat dari usia juga di bawah 60 tahun ya, dengan catatan berat badan harus mencukupi. Sebaiknya jangan paksakan donor kalau ada penyakit anemia, penyakit infeksi, diabetes dengan gula darah tidak terkontrol," pesan dr Isman.

Sebelumnya, dr Titi Sekarindah, MS, SpGK, dokter gizi dari RS Pertamina pernah menuturkan bahwa jika berniat untuk donor darah, sebaiknya konsumsi makanan tinggi zat besi, protein, dan kalori saat sahur dan berbuka. Nutrisi tersebut adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk mengganti darah yang hilang akibat donor.

Saat berbuka puasa setelah mendonorkan darah, dr Titi menyarankan untuk menambah porsi makanan sesuai kebutuhan. Jika biasa makan berbuka puasa dengan satu piring nasi maka setelah mendonorkan darah bisa berbuka dengan porsi satu setengah piring nasi.

"Saat buka porsinya lebih banyak, minum susu, dan kemudian asupan cairannya sekitar 2 liter setiap hari. Untuk sahur juga sama intinya, asupan protein, kalori, sayuran, dan cairan harus cukup," kata dr Titi.

TAGS:
donor darahpmipuasastok darah

RELATED STORIES

Loading interface...