Strategi Satgas COVID-19 agar Warga Patuh Prokes Saat PPKM

Rusmanto

Dipublikasikan 2 bulan yang lalu • Bacaan 2 Menit

Strategi Satgas COVID-19 agar Warga Patuh Prokes Saat PPKM
istimewa
Winnetnews.com -  Satgas COVID-19 melaporkan kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan (prokes) terus membaik selama PPKM. Hal itu salah satunya didorong oleh upaya Satgas dalam mengedukasi dan mensosialisasikan kepatuhan prokes.

Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Dr. Sonny Harry B. Harmadi menjabarkan untuk mendorong peningkatan kepatuhan prokes selama PPKM, Satgas Penanganan COVID-19 menerapkan 4 strategi utama.

Pertama, kampanye masif dan membangun komunikasi risiko tentang pentingnya protokol kesehatan 3M, melalui berbagai media. Kampanye disampaikan kepada berbagai kelompok masyarakat dengan beragam cara.

"Kampanye menjangkau berbagai kelompok masyarakat, termasuk materi edukasi berbasis seni budaya seperti wayang kulit, wayang golek, kesenian Minang, syair Melayu, dan sebagainya. Juga melalui lagu, komik, video, dan sebagainya," jelas Sonny dalam keterangan tertulis, Minggu (5/9/2021).

Kedua, melalui penggerakan lapangan oleh para duta perubahan perilaku (DPP). Sonny mengulas, sejak 7 September 2020 hingga saat ini, jumlah DPP mencapai 116.550 orang yang tersebar di 34 provinsi dan 429 kabupaten/kota. Khusus selama periode 3 Juli-3 September 2021, jumlah DPP yang bergerak di lapangan mengedukasi masyarakat mencapai 20.340 orang di 32 provinsi dan 279 kabupaten/kota.

"Mereka mengedukasi secara langsung hampir 7 juta orang dan membagikan sekitar 2,5 juta masker," urai Sonny.

Ketiga, lanjutnya, Satgas bersama BNPB menyelenggarakan program mobil masker untuk masyarakat. Sonny menyebut ada lebih dari 2 juta masker dibagikan di wilayah Jawa, Bali, dan Aceh.

Keempat, penguatan posko desa/kelurahan oleh hampir 10 ribu DPP untuk penguatan fungsi pencegahan di tingkat komunitas.

Sonny menambahkan capaian positif tersebut harus terus dipertahankan dan bahkan ditingkatkan, meskipun kasus mulai melandai. Ia mengingatkan jangan sampai terjadi lonjakan kasus lantaran kepatuhan prokes turun seperti yang terjadi di beberapa negara.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. Plate mengapresiasi peningkatan kepatuhan masyarakat menerapkan protokol kesehatan. Ia menyampaikan pemerintah berharap kepatuhan prokes dapat terus ditingkatkan.

"Pemerintah berharap dan terus mengupayakan kepatuhan menjaga prokes terus meningkat di masa mendatang," ujar Johnny.

Ia juga mengingatkan masyarakat untuk tidak lengah menjaga protokol kesehatan meski sudah divaksinasi dan kasus COVID-19 melandai. "

Melandainya kasus COVID-19 tidak terlepas dari kepatuhan masyarakat menjaga prokes. Bila masyarakat terus menjaga prokes terutama memakai masker dan mengikuti vaksinasi, Indonesia siap menghadapi tatanan hidup baru bersama COVID-19, sehingga kasus konfirmasi harian terus melandai," tegas Johnny.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Artikel ini telah tayang di health.detik.com dengan judul "Ini 4 Strategi Satgas COVID Dorong Tingkat Kepatuhan Prokes saat PPKM"


 

TAGS:

Share This Story

RELATED STORIES

Loading interface...