Street Dealin  Acara Wajib Anak Graffiti
Foto Dokumentasi Reporter
Seni & Budaya

Street Dealin Acara Wajib Anak Graffiti

Kamis, 15 Des 2016 | 10:42 | bagus

WinNetNews-Graffiti adalah coretan pada dinding yang menggunakan banyak warna, garis, bentuk,kata, simbol, atau kalimat tertentu. Alat yang digunakan pada masa kini biasanya cat semprot kaleng. Sebelum cat semprot tersedia, grafiti umumnya dibuat dengan sapuan catmenggunakan kuas atau kapur.

Graffitisudah mulai ada sejak zaman purba, dahulu masih berupa coretan-coretan biasa di dinding. Pada zaman Mesir kuno juga memperlihatkan aktivitas melukis di dinding-dinding piramida. Pada zaman Romawi, Graffiti digunakan sebagai sarana keritik kepada pemerintahan.Lukisan ini ditemukan di reruntuhan kota Pompeii. Sementara di kota Roma,Graffiti dipakai sebagai alat propaganda untuk mendiskreditkan pemeluk kristen yang pada zaman itu dilarang kaisar.

Banyaknyakesulitan bagi masyarakatuntuk mengekspresikan kegiatan seninya membuat beberapa individu menggunakan dinding untuksarana yangtersedia di seluruh kota. Salah satunya di Indonesia sendiri. Tembokbomber.com, adalah sebuah website yangmenjadi wadah untuk komunitas street art yang bisa dibilangbesar di Indonesia.

Tembokbomber ini bermula dari sebuah thread diskusi berjudul STREET ART di sebuah forum desain grafis lokal bernama Godote Forum. Thread tersebut dimulai oleh Darbotz salah satu pembuat graffiti yang sangat terkenal di Indonesia. Thread yang membahas segala sesuatu tentang street art ini sangat ramai dan digemari. Mulai dari posting foto-foto graffiti, membahas teknik stensil, atau sekedar berkomentar.

Seiring berkembangnya jaman graffiti mengalami perkembangan yang sangat pesat sehingga para penggiat seni ruang publik ini membuat acara Street Dealin. Street Dealin adalah acara dua tahun sekali untuk bertemunya para pembuat graffiti yang sering disebut boomber. Acara yang baru berlangsung pada Sabtu (10/12) lalu berjudul Big Bang Party. Selain melibatkan seniman lokal, Street Dealin melibatkan seniman dari 8 negara, yaituBoogie (Swiss), Graver (Filipina), Nikko (Prancis), Artime Joe – Jayflow (Korea), Asmoe – Cloak – Nestwo (Malaysia), Nycer (Brunei), Song (Singapura), dan Zmogk (Rusia).

Graffiti Art

Graffiti Art

Graffiti Art

Graffiti Art

TAGS:
Street ArtGraffitiStreet Dealin

RELATED STORIES

Loading interface...