Stres Bisa Ubah Cara Pandang Orang Dalam Terima Kabar Buruk?
ilustrasi
Lifestyle

Stres Bisa Ubah Cara Pandang Orang Dalam Terima Kabar Buruk?

Jumat, 5 Jun 2020 | 11:49 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Stres menjadi salah satu masalah utama yang sering dialami oleh kebanyakan orang dari berbagai usia. Mulai anak hingga dewasa pasti pernah mengalami stres berkepanjangan. Namun, sebuah studi menunjukkan bahwa stres mampu mengubah cara orang menangani kabar buruk. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Stres dapat mengubah cara orang menangani kabar buruk

image0

Di tengah wabah COVID-19 yang meluas di seluruh dunia, tidak heran masyarakat semakin khawatir dan waspada kapan pandemi ini akan berakhir. Berita-berita di media terkait angka kasus kematian dan berita buruk lainnya pun tidak jarang membuat rasa cemas semakin meningkat. 

Pandemi dunia yang meningkatkan stres pada sebagian orang ini ternyata dapat mengubah persepsi mereka saat memahami dan menyebarkan informasi, termasuk kabar buruk.

Menurut penelitian yang dipublikasikan di Scientific Report menunjukkan adanya hubungan antara hormon stres dengan cara orang menerima informasi yang berisiko. Pada penelitian tersebut, para ahli mempertemukan psikolog dari DFG Cluster Excellecnce di Universitas Konstanz, Jerman.

Kehidupan selama pandemi yang di bawah tekanan ini membuat peneliti ingin melihat bagaimana pikiran yang sadar memahami kabar buruk tersebut. Maka dari itu, sebuah pertanyaan pun muncul, apakah stres dapat mengubah cara pandang seseorang memproses kabar buruk. 

TAGS:
streskabar buruk

RELATED STORIES

Loading interface...