Stres saat Hamil Bisa Lemahkan Gerak Motorik Anak
stres hamil sebabkan gerak motorik anak berkurang / foto: istimewa
Kesehatan

Stres saat Hamil Bisa Lemahkan Gerak Motorik Anak

Selasa, 6 Jun 2017 | 09:49 | kontributor

winnetnews.com - Tak hanya sehat secara fisik, kesehatan emosional ibu juga harus dijaga selama hamil. Hindarilah stres, apalagi depresi saat hamil.

Para peneliti dari Universitas Notre Dame di Australia yang bekerjasama dengan Children Telethon Institute mengungkapkan, stres pada ibu hamil bisa memengaruhi kesehatan janin yang dikandungnya.

Stres selama kehamilan bisa menghambat perkembangan keterampilan motorik anak yang di kemudian hari, seperti menulis dan berjalan.

"Temuan kami menunjukkan pentingnya kesehatan emosional dan mental ibu terhadap berbagai hasil perkembangan dan kesehatan anak," ujar salah satu peneliti Beth Hand.

Hasil penelitian didapat dari 2.900 ibu hamil dan kemudian memantau perkembangan anak yang saat mereka berusia 10, 14, dan 17 tahun. Setiap ibu ditanyai hal-hal yang membuat mereka stres selama hamil seperti kesulitan keuangan, adanya kematian dalam keluarga, perpisahan, perceraian, masalah rumah tangga, hingga masalah kehamilan.

Data diambil saat responden memasuki usia kehamilan 18 minggu hamil dan 34 minggu. Kemudian peneliti menguji keterampilan motorik dan koordinasi anak-anak mereka seperti menulis, berjalan, dan melempar. Peneliti mengukur kekuatan tangan, melompat, berjalan, dan lainnya.

Hasilnya, ibu yang lebih stres selama hamil memiliki anak-anak dengan keterampilam motorik lebih rendah dibanding anak lain.

Menurut American Psychological Association, stres lebih banyak dialami perempuan dibanding laki-laki. Salah satunya dipengaruhi oleh hormon yang berubah cukup ekstrim selama kehamilan.

Untuk mengatasinya, ibu hamil disarankan melakukan kegiatan rileksasi seperti prenatal yoga yang bisa mengurangi kecemasan dan memberi ketenangan. Yoga juga bisa meregangkan otot-otot yang tegang, memperbaiki pola tidur, mengurangi risiko persalinan prematur, mengurangi nyeri punggung bawah, mual, dan sakit kepala.

TAGS:
kesehatankehamilanstress hamilgerak motorik anak

RELATED STORIES

Loading interface...