Studi: Orang yang Pakai Kacamata Lebih Kecil Risikonya Terinfeksi Covid-19
Foto: Pexels/Sunyu Kim
Kesehatan

Studi: Orang yang Pakai Kacamata Lebih Kecil Risikonya Terinfeksi Covid-19

Selasa, 23 Feb 2021 | 14:00 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Penelitian terkait virus corona terus dilakukan. Baru-baru ini terdapat sebuah studi yang dilakukan di India, menyebutkan seseorang yang menggunakan kacamata, tiga kali lebih kecil kemungkinan terkena virus corona.

Melansir AJC, studi pendahuluan menunjukkan bahwa pemakai kacamata mungkin memiliki perlidungan ekstra, karena mereka cenderung lebih jarang menyentuh mata daripada kebanyakan orang.

Studi yang dipublikasikan di medRxiv, menyebutkan kalau menyentuh dan menggosok mata dengan tangan yang terkontaminasi mungkin merupakan rute infeksi yang signifikan. Studi baru ini menemukan bahwa risiko infeksi dua hingga tiga kali lebih rendah di antara mereka yang memakai kacamata untuk jangka waktu yang lama, setidaknya delapan jam sehari.

Peneliti India menggambarkan temuan itu sebagai signifikan secara statistik.

Penelitian ini dilakukan musim panas lalu di distrik utara Kanpur Dehat. Penelitian melibatkan 304 partisipan dengan rentang usia 10 hingga 80 tahun.

Semua dari mereka mengalami gejala virus corona dan sekitar 60 persen merupakan seseorang yang sudah lama menggunakan kacamata. Penulis penelitian mencatat bahwa infeksi Covid-19 melalui mata “sangat jarang”, tetapi mereka mengatakan bahwa tetesan dari virus dapat dengan mudah keluar dari mata ke hidung atau mulut seseorang.

Cara terbaik untuk mencegah infeksi jenis ini adalah dengan menghindari menyentuh mata. Petugas medis yang merawat pasien virus corona harus melangkah lebih jauh dan memakai kacamata pengaman untuk perlindungan ekstra, menurut penelitian tersebut.

Akan tetapi, penelitian ini masih merupakan temuan awal dan perlu melalui proses peer-review.

TAGS:
virus coronaCOVID-19kacamata

RELATED STORIES

Loading interface...