Sudah Pedulikah Kita Akan Adanya Lembaga Disabilitas?
Commentary

Sudah Pedulikah Kita Akan Adanya Lembaga Disabilitas?

Senin, 20 Jan 2020 | 17:10 | Risma Sabila

Winnetnews.com - Lembaga Disabilitas adalah tempat dimana para disabilitas mendapatkan pendidikan. Lembaga disabilitas juga mengasah kreativitas mereka. Lembaga ini dapat membuat mereka semua berinteraksi layaknya seperti anak pada umumnya. Bisa dibilang bahwa lembaga disabilitas adalah pintu menuju kesuksesan para disabilitas.

Setelah kita mengetahui arti dari lembaga disabilitas, tentunya sekarang kita mengetahui bahwa lembaga disabilitas sangatlah penting bagi penyandang disabilitas. Namun, sangat disayangkan masih ada beberapa orang tua yang mengatakan bahwa anak disabilitas sebaiknya dirumah dan mendapat pembelajaran dari orang tuanya saja. Pemikiran seperti ini sangat disayangkan sekali.

Namun, ada juga orang tua yang terinspirasi dari anaknya. Melihat anaknya memiliki kebutuhan khusus orang tua tersebut mendirikan lembaga disabilitas.

“Melihat anak saya berkebutuhan khusus saya menjadi terinspirasi untuk mendirikan lembaga disabilitas. Saya sangat mengerti bahwa anak saya juga membutuhkan berinteraksi dengan anak lainnya. Mungkin dengan adanya lembaga disabilitas ini saya juga dapat membantu anak disabilitas lainnya untuk mendapatkan pembelajaran,” katanya.

Menurut pandangan Seruni Yuniarti, M.Psi selaku Psikolog mengatakan bahwa lembaga disabilitas ini jugalah penting.

“Lembaga disabilitas membantu pengembangan untuk anak disabilitas, penting kalau begitu artinya. Saya mendukung lembaga disabilitas, tetapi saya juga tidak akan menyalahkan 100% orang tua yang memutuskan untuk merawat anaknya sendiri, selama mereka mampu untuk mengurus dan mendidik anak mereka, kenapa tidak,” ujar Seruni.

Dengan adanya lembaga disabilitas ini memang benar untuk membantu para orang tua mendidik dan membimbing anak mereka untuk menjadi lebih sukses kedepannya. Namun semua kembali lagi pada opini masing – masing orang tua.

Jadi, sudah pedulikah kita dengan adanya lembaga disabilitas?

 

 

--------------------
Risma Sabila adalah mahasiswi London School of Public Relations Jakarta.
*) Opini penulis dalam artikel ini sepenuhnya adalah tanggung jawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggung jawab redaksi Winnetnews.com.

 

TAGS:
disabilitaslembaga

RELATED STORIES

Loading interface...