Suka Mendengarkan Musik Saat Kerja? Lanjutkanlah!

Nadia Chevina
Nadia Chevina

Suka Mendengarkan Musik Saat Kerja? Lanjutkanlah!
WinNetNews.com - Musik merupakan simfoni sarat makna yang memberikan ragam pengaruh pada pendengarnya.

Sebab, untuk sebagian orang, musik tak hanya dianggap sebagai suatu unsur yang menghibur, tetapi juga mampu menciptakan gairah dan semangat. Salah satunya adalah menjaga konsentrasi saat bekerja.

Studi yang dilakukan oleh Lingerman menemukan bahwa musik dapat menyentuh bagian otak yang mengatur konsentrasi dan membuatnya lebih cepat bekerja.

"Mereka yang mendengarkan musik sambil bekerja mampu lebih cepat menyelesaikan tugas dan memiliki ide yang lebih baik, dibanding yang tidak mendengarkan musik," papar Teresa seorang asisten profesor.

Tidak hanya itu, musik juga mampu memperbaiki mood dan memberikan banyak ide. "Saat Anda stres, Anda mungkin membuat keputusan yang tergesa-gesa, fokus Anda sempit pada satu hal. Ketika Anda dalam mood yang positif Anda memiliki lebih banyak opsi," ujar dia.

Menurut Lingerman, musik klasik ampuh menyimpan berbagai informasi dalam memori menjadi lebih rapi dan teratur. Sementara itu, musik pop bagus untuk didengarkan oleh Anda dengan pekerjaan yang dikejar tenggat waktu. Kemudian, musik elektronik instrumental bisa menenangkan karyawan yang lebih banyak bekerja menggunakan angka dan statistika.