Susah BAB? Ini Beberapa Cara untuk Mengatasinya

Rusmanto
Rusmanto

Susah BAB? Ini Beberapa Cara untuk Mengatasinya ilustrasi
Winnetnews.com - Pakar kesehatan menyebut hampir semua orang di dunia pernah mengalami konstipasi atau susah buang air besar. Bahkan, di Amerika Serikat, biaya untuk mengatasi masalah konstipasi setiap tahunnya mencapai ratusan juta Dollar! Hal ini berarti, masalah kesehatan ini memang bisa memberikan dampak yang tidak bisa disepelekan.

Beberapa Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mengatasi Konstipasi

Mengingat konstipasi bisa membuat kita merasa sangat tidak nyaman. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk segera mengatasinya.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi konstipasi dengan cepat.

1. Mengonsumsi Teh Lemon Hangat yang Dicampur Madu

Salah satu cara yang paling mudah kita lakukan demi mengatasi konstipasi dengan cepat adalah dengan mengonsumsi teh lemon hangat yang diberi madu. Pakar kesehatan menyebut madu sebagai salah satu bahan makanan bersifat laksatif atau mampu merangsang pergerakan usus. Selain itu, madu juga bisa membuat kadar keasaman di dalam teh lemon berkurang.

Lemon mampu berperan sebagai stimulan alami bagi sistem pencernaan sekaligus mendukung proses detoksifikasi tubuh. Hal ini berarti, rutin mengonsumsinya akan membantu menghilangkan kadar racun dari dalam tubuh.

2. Memperbanyak Minum Air

Jika kita mengalami konstipasi atau susah buang air, pakar kesehatan menyarankan kita untuk memperbanyak asupan air putih. Jika biasanya kita minum kurang dari dua liter atau delapan gelas setiap hari, cobalah untuk mengubahnya menjadi dua liter atau lebih dalam sehari.

Salah satu penyebab utama susah buang air besar adalah kekurangan asupan air putih. Hal ini membuat kotoran yang dibentuk di dalam saluran pencernaan menjadi lebih keras dan akhirnya sulit untuk dikeluarkan. Dengan menambah asupan air putih, maka kotoran akan menjadi lebih lunak dan akhirnya lebih mudah untuk dikeluarkan.

Selain air putih, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk mengonsumsi jus buah segar seperti yang terbuat dari buah pir atau apel. Hanya saja, sebaiknya kita tidak mengonsumsi minuman berkafein atau minuman bersoda karena bisa membuat kadar cairan tubuh justru berkurang drastis dan memperparah konstipasi.