Susah Hamil Anak Kedua? Berikut Penjelasannya
ilustrasi
Kesehatan

Susah Hamil Anak Kedua? Berikut Penjelasannya

Sabtu, 21 Nov 2020 | 12:30 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Bagi beberapa pasangan, mendapatkan anak kedua tidak semudah pertama kali memiliki anak. Ada yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk memperoleh anak kedua, bahkan tidak sedikit yang akhirnya hanya memiliki satu anak, karena susah hamil lagi. Kemungkinan kondisi ini disebabkan oleh infertilitas sekunder atau terjadi gangguan kesuburan untuk memperoleh anak kedua. Mengapa hal ini bisa terjadi?

Mengapa ada pasangan yang sulit menambah anak?

Menurut Anthony Luciano, ahli kandungan dari Center for Fertility and Reproductive Endocrinology, New Britain General Hospital, Connecticut, AS, 60% ibu yang sudah pernah memiliki anak, entah baru satu atau lebih. berisiko mengalami infertilitas sekunder. Bahkan, pada pasangan yang sehat dan tidak mengalami gangguan pada organ reproduksi, risiko infertilitas sekunder ini mungkin saja terjadi.

Sulit hamil anak kedua atau ketiga dan selanjutnya dapat terjadi pada pasangan usia reproduktif (20-34 tahun) maupun yang sudah melewati usia reproduktif (di atas 35 tahun). Penyebab infertilitas sekunder ini sebenarnya hampir sama dengan infertilitas primer atau infertilitas yang terjadi pada pasangan yang sulit punya anak pertama.

Dalam rentang waktu sejak Anda melahirkan anak pertama sampai berencana untuk hamil lagi, banyak hal dan perubahan dapat terjadi pada organ reproduksi Anda maupun pasangan. Perubahan ini bukan tidak mungkin menyebabkan proses kehamilan menjadi terganggu atau sulit terjadi.

Itu sebabnya, sejak awal sebaiknya Anda berdua membuat perencanaan jumlah anak serta jarak kelahiran antara anak pertama dan kedua. Jaraknya, usahakan antara 18-48 bulan agar pemilihan cara Anda melakukan KB lebih mudah dilakukan.

TAGS:
kesehatansusah hamil

RELATED STORIES

Loading interface...