Susu Kecoa Lebih Sehat daripada Susu Sapi, Berani Coba?

Cindy Cesilia

Dipublikasikan 3 tahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Susu Kecoa Lebih Sehat daripada Susu Sapi,  Berani Coba?
Foto:Ilustrasi

WinNetNews.com- Siapa yang tidak tahu dengan hewan satu ini, Kecoak? hewan ini identik dengan lingkungan kotor dan bau, namun bagaimana jadinya jika bisa jadi superfood yang baik untuk manusia.

Dikutip dari TheGuardian, enurut tim peneliti dari Institute for Stem Cell Biology and Regenerative Medicine, India,  ‘susu’ dari jenis kecoak kumbang Pasifik sangat kaya akan kandungan energi.

Berbeda dengan  spesies kecoak lainnya, kecoak kumbang Pasifik tidak bertelur, melainkan melahirkan. Mereka disebut memiliki kristal berisi zat cair yang diproduksi oleh ibu kecoak dan dikemas dengan kandungan lemak, gula serta protein.

Tidak hanya itu saja, para tim peneliti juga  mengklaim senyawa kristal pada susu kecoak ini memiliki tiga kali energi lebih besar dari susu sapi.

"Kristal itu seperti makanan lengkap. Mereka mengandung protein, lemak dan gula. Jika Anda melihat ke urutan protein, mereka memiliki semua asam amino esensial," kata Sanchari Banerjee, salah satu peneliti.

Sebelumnya Gourmet Grub, perusahaan es krim asal Afrika Selatan juga menggunakan serangga sebagai bahan utama produk mereka.

Mereka menjual es krim dari bahan yang disebut entomilk atau susu dari serangga yang dibudidayakan secara baik. Leonard Chavas, salah satu penulis lain dari penelitian yang diterbitkan dalam Journal of International Union of Crystallography itu mengatakan, ia memperkirakan bahwa dibutuhkan 1.000 ekor kecoak untuk menghasilkan 100 gram susu.
 

TAGS:

Share This Story

RELATED STORIES

Loading interface...