Tak Ada Regulasi, Pelanggan Vanessa Angel Tak Bisa Jadi Tersangka

Rusmanto
Rusmanto

Tak Ada Regulasi, Pelanggan Vanessa Angel Tak Bisa Jadi Tersangka istimewa

Winnetnews.com - Puluhan emak-emak mendemo Polda Jatim. Mereka menuntut polisi segera menangkap muncikari hingga pengguna Vanessa Angel. Bagaimana tanggapan polisi?

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Frans Barung Mangera mengatakan pihaknya hingga kini masih mengejar muncikari. Namun, untuk menangkap pengguna Vanessa dan dijadikan tersangka, Barung menegaskan pihaknya tak bisa ditekan.

"Kami tidak terpengaruh dengan demo apapun juga, kepolisian tidak bisa dilakukan penekanan terhadap demo. Yang melakukan penekanan kami adalah bahwa yuridis formal yang kami lakukan," kata Barung di Mapolda Jatim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Jumat (1/2/2019).

Barung mengatakan untuk menangkap pengguna Vanessa dan menjadikannya tersangka, harus ada pasalnya. Namun hingga kini, tak ada pasal yang bisa digunakan untuk menjerat pengguna Vanessa.

"Kalau seandainya ada regulasi dan Undang Undang yang memakai jasa dikenakan pasal, pasti akan kami lakukan," tegas Barung.

Barung menambahkan pihaknya tetap akan memanggil pengguna Vanessa. Tetapi untuk dilakukan pemeriksaan sebagai saksi.

"Ini tidak ada, kalau pemakai jasa itu kewenangan penyidik atau hakim memeriksa. Ya silakan itu dalam rangka terang suatu tindak pidana," ucapnya.

"Tapi kalau demo kita disuruh menangkap penggunanya dasarnya apa, kalau sebagai saksi yang telah disampaikan Dirreskrimsus itu benar untuk melengkapi membuat terang tindak pidana. Tapi kalau disuruh melakukan penangkapan terhadap pelaku, ya kami tidak bisa," pungkas Barung.

 

 



Artikel ini telah tayang di www.detik.com dengan judul "Polisi Tanggapi Tuntutan Emak-emak Tangkap Pengguna Vanessa Angel"