Tanda-tanda Asam Urat yang Jarang Diketahui

Rusmanto
Rusmanto

Tanda-tanda Asam Urat yang Jarang Diketahui ilustrasi

Winnetnews.com - Banyak orang yang masih berpikir jika penyakit asam urat hanya menyerang orang tua atau lansia saja. Padahal, dalam realitanya asam urat bisa menyerang siapa saja tanpa mengenal usia. Hal ini biasanya terkait dengan gaya hidup yang tidak sehat. Masalahnya adalah banyak orang yang tidak menyadari adanya penyakit ini karena tidak mengetahui tanda-tandanya.

Mengenal lebih dalam penyebab penyakit asam urat

Penyakit asam urat memang bisa menyebabkan gejala nyeri, pembengkakan, dan sensasi tidak nyaman pada persendian. Hal ini disebabkan oleh menumpuknya kristal asam urat pada persendian yang menyebabkan peradangan. Masalahnya adalah hal ini juga bisa menyebabkan dampak lain bagi kondisi kesehatan tubuh seperti kolesterol atau organ ginjal.

Meskipun terkait dengan faktor keturunan, penyakit asam urat seringkali disebabkan oleh pola makan yang sangat buruk. Jika kita hobi makan jeroan atau makanan laut yang tinggi purin misalnya, maka risiko mengalami penumpukan kristal asam urat di dalam persendian akan semakin meningkat. 

Hanya saja, terkadang penyakit ini juga disebabkan oleh adanya masalah pada fungsi ginjal yang akhirnya membuat zat asam urat tidak mampu dibuang melalui urine secara maksimal sehingga semakin menumpuk di dalam darah.

Beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan datangnya penyakit asam urat adalah kondisi obesitas atau berat badan berlebih, konsumsi obat-obatan tertentu, hingga mengalami gangguan kesehatan seperti hipertensi, diabetes, gangugan jantung, dan gangguan ginjal. Jika kita memiliki salah satu atau beberapa faktor ini, mau tidak mau harus menjaga gaya hidup sehat demi mencegah datangnya penyakit asam urat.

Beberapa tanda asam urat yang jarang disadari

Banyak orang yang tidak menyadari tanda-tanda awal penyakit asam urat karena tidak benar-benar mengenalinya. Padahal, jika mereka mampu mengatasinya dengan cepat, bisa jadi gejala dari masalah kesehatan ini bisa segera ditangani dengan baik.

Berikut adalah beberapa gejala asam urat yang jarang disadari banyak orang.

1. Sensasi nyeri pada persendian

Sebenarnya, gejala paling khas dari masalah asam urat adalah munculnya rasa nyeri di persendian, baik itu persendian besar layaknya lutut atau persendian kecil seperti jari. Hanya saja, banyak orang yang masih menganggapnya sebagai nyeri biasa saja. Salah satu sendi yang paling sering mengalami gejala ini adalah ibu jari kaki. Jika kita sering mengalaminya di lokasi yang sama, bisa jadi hal ini memang dipicu oleh penyakit asam urat.

2. Munculnya tofus

Tofus adalah kristal asam urat yang mengendap hingga menyebabkan benjolan di permukaan kulit. Seringkali, benjolan ini tidak menyebabkan sensasi nyeri. Hanya saja, jika hal ini dibiarkan, akan menyebabkan dampak lain seperti menumpuknya kristal asam urat di dalam ginjal yang bisa berimbas pada munculnya batu ginjal.

3. Munculnya warna kemerahan pada kulit di bagian persendian

Gejala lain yang khas dari penyakit asam urat adalah munculnya pembengkakan yang disertai dengan kulit yang cenderung memerah pada persendian yang mengalami serangan penyakit ini.

4. Persendian mengalami sensasi panas atau terbakar

Selain warna kemerahan, persendian yang mengalami serangan asam urat juga akan mengalami sensasi panas atau bahkan terbakar. Hal ini disebabkan oleh terhambatnya aliran darah yang disebabkan oleh penumpukan dan peradangan kristal asam urat.

5. Sendi mengalami perubahan bentuk

Jika kondisi asam urat sudah cukup parah, bisa jadi hal ini akan menyebabkan perubahan bentuk persendian yang akhirnya mengganggu fungsinya. Karena alasan inilah persendian bisa sulit untuk digerakkan dan akhirnya kita pun tidak bisa melakukan gerakan dengan normal.

 

 

 

Artikel ini telah tayang di hellosehat.com dengan judul "5 Tanda Asam Urat Ini Sering Tidak Kita Sadari"