Tata Cara & Niat Puasa Jelang Idul Adha, Simak Ya!
Nasional

Tata Cara & Niat Puasa Jelang Idul Adha, Simak Ya!

Selasa, 29 Agt 2017 | 10:27 | kontributor

winnetnews.com - Bukan hanya saat bulan Ramadan dan menjelang Idul Fitri saja, menjelang Idul Adha, umat Islam juga melaksanakan serangkaian ibadah puasa, yakni puasa Dzulhijjah dan Arafah. Namun, puasa kali ini hukumnya bukan wajib, melainkan sunah, yang jika dilaksanakan akan mendapat pahala, tapi, jika tidak di laksanakan tidak apa-apa. 

Beberapa pendapat mengatakan jika puasa Dzulhijjah dilaksanakan tepat pada 8 Dzulhijjah, sedangkan puasa Arafah dilakukan pada 9 Dzulhijjah. Namun, sebuah hadits mengatakan bahwa puasa Dzulhijjah bisa dilakukan pada 10 hari di awal bulan Dzulhijjah. Berikut haditsnya:

"Tidaklah ada hari-hari di mana amal baik yang dikerjakan di dalamnya itu lebih dicintai Allah dibanding hari-hari ini (10 hari awal Dzuhijjah)." Lalu para sahabat bertanya, “Bahkan lebih baik dari jihad wahai Rasul?”. Rasul SAW menjawab, “Lebih dari Jihad! Kecuali orang yang keluar dari rumahnya untuk berjihad dengan harta dan jiwanya dan ia tak kembali lagi (mati syahid).”. (HR. Tirmidzi, Abu Daud, Ibnu Majah).

Dari hadits tersebut, para ulama sepakat bahwa 10 hari pertama Dzulhijjah juga tremasuk dalam puasa Dzulhijjah. Namun, bukan masalah pula kalau kamu ingin berpuasa di hari ke-8 dan 9 saja. Ingat, ya... Sampai 9 Dzulhijjah saja, sebab, 10 Dzulhijjah sudah masuk pada hari Idul Adha, di mana hari itu dilarang untuk berpuasa.

Lantas, bagaiman niat puasa Dzulhijjah? Berikut bacaannya yang dihimpun dari Alkhoirot.net, situs resmi dari Pondok Pesantren Al-Khoirot (PPA) Malang.

Niat puasa Dzulhijjah tanggal 1 sampai tanggal 7

“Nawaitu Shauma Syahri Dzilhijjati sunnatan lillahita’aala”

Artinya Niat saya puasa bulan Dzulhijjah Sunnah karena Allah Ta’ala.

Niat puasa Dzulhijjah Tarwiyah tanggal 8 Dzulhijjah

“Nawaitu Shaumat Tarwiyata Sunnatan lillahita’aala”

Artinya Niat saya berpuasa Tarwiyah Sunnah karena Allah Ta’ala.

Niat puasa Dzulhijjah Arafah tanggal 9 Dzulhijjah

“Nawaitu Sahauma Arafata Sunnatan lillahita’aala”

Artinya Niat saya puasa Arafah sunnah karena Allah ta’ala.

TAGS:
idul adhapuasaDzulhijjahniat puasaarafahTarwiyahidul adha

RELATED STORIES

Loading interface...