Telat Datang Bulan Bukan Berarti Kamu Hamil Loh! Cek Penyebabnya Yuk!
Foto: Istimewa
Kesehatan

Telat Datang Bulan Bukan Berarti Kamu Hamil Loh! Cek Penyebabnya Yuk!

Rabu, 5 Apr 2017 | 14:54 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Mungkin kamu pernah mengalami hal in, atau mungkin sedang kamu alami. Telat datang bulan memang bikin pikiran negatif. Padahal kamu tidak melakukan hal apapun. Sebaiknya kamu jangan panik terlebih dahulu.

Banyak faktor yang bisa memengaruhi telat datang bulan. Aktivitasmu salah satunya. Tidak hanya itu saja, kesehatan dan kebiasaan makan juga memengaruhi loh. Seperti dikutip dari Mirror , inilah beberapa faktor mengapa kamu bisa telat menstruasi:

1. Sekitar satu dari 100 wanita akan mengalami menopause dini sebelum mereka mencapai usia 40. Baiknya mengunjungi dokter jika menstruasimu sudah menghilang atau jika menjadi semakin sporadis.Jika kamu menderita hot flushes, berkeringat di malam hari, tidur tidak teratur atau kekeringan di vagina dalam hubungannya dengan periode akhir, kamu juga harus mencari nasihat medis.

2. Stres juga bisa memengaruhi waktu menstruasi, waktu tidur, masalah kulit, dan berat badan yang naik turun. Hal ini karena bagian dari otak kita menghasilkan hormon penting untuk merepsoduksi respon stres yang buruk, ketidakseimbangan produksi hormon.Jadi, mentsruasi wanita bisa menjadi tidak teratur - bahkan berhenti sama sekali - kecuali berhasil mengatasi stres mereka.

3. Ada beberapa obat yang bisa menghantikan mentsruasi kita. Siklus menstruasi bisa menjadi terkena dampak oleh beberapa antibiotik, pil dan antidepresan kontrasepsi yang mengganggu kadar hormon. Penting untuk berbicara dengan dokter tentang kemungkinan efek samping dari setiap yang akan kamu konsumsi.

4. Terlalu sering berolahraga juga bisa sebabkan telat menstruasi. Ketika olahraga, tubuh memiliki respon ketika menggunakan terlalu banyak energi, dan ini bisa menonaktifkan fungsi-fungsi yang tak terlihat, padahal sangat dibutuhkan. Salah satunya mungkin menstruasi.

5. Waktu tidur juga memengaruhi terlamtat menstruasi. Demikian pula jika kamu bekerja shift. Jadi, aturlah waktu tidurmu senormal mungkin.

6. Perubahan berat badan termasuk dalam faktor terlambat datang bulan. Hal ini karena tubuhmu membutuhkan sejumlah lemak tubuh untuk ovulasi, sehingga setiap penurunan berat badan mendadak akan berhenti haid.Hal yang sama berlaku jika kamu terlalu gemuk lebih dari satu waktu secara singkat, peningkatan sel-sel lemak meningkatkan kadar estrogen yang akan menghentikan tubuh dari melepaskan telur dan karena itu kehilangan periode.

TAGS:
wanitatelat datang bulanhaidkehamilan

RELATED STORIES

Loading interface...