Terdampak COVID-19, Uni Eropa Berencana Beri Suntikan Dana Capai € 1 Triliun
Foto: Greek City Times
Internasional

Terdampak COVID-19, Uni Eropa Berencana Beri Suntikan Dana Capai € 1 Triliun

Minggu, 19 Apr 2020 | 14:39 | Khalied Malvino

Winnetnews.com -  Eropa menjadi kawasan yang banyak terdampak virus corona (Covid-19). Uni Eropa (EU) menyebutkan sejumlah negara di kawasan benua biru harus segera mendapatkan suntikan dana.

Direktur Pelaksana Mekanisme Stabilitas Eropa EU, Klaus Regling menyebutkan, setidaknya harus ada € 500 miliar untuk membiayai pemulihan ekonominya setelah pandemi virus corona menyerang banyak negara di Eropa. Nilai itu di atas paket setengah triliun yang sebelumnya sudah disepakati

"Saya akan mengatakan bahwa untuk tahap kedua kita membutuhkan setidaknya 500 miliar euro dari lembaga-lembaga Eropa, tetapi bisa lebih," kata Regling mengutip Kontan dari Reuters, Minggu (19/4).

“Untuk itu, kita perlu membahas instrumen baru dengan pikiran terbuka, tetapi juga menggunakan institusi yang ada, karena lebih mudah, termasuk khususnya Komisi dan anggaran Uni Eropa. Memikirkan kembali dana Eropa bisa sangat membantu menyatukan Uni Eropa,” kata Regling.

Sebelumnya para Menteri Keuangan Uni Eropa menyepakati pada awal April lalu tentang jaring pengaman untuk negara, perusahaan dan individu senilai total € 540 miliar.

Mereka juga sepakat bahwa zona euro, yang diprediksi IMF akan terjun ke dalam resesi 7,5% tahun ini karena pandemi, akan membutuhkan uang untuk pulih, tetapi mereka memiliki gagasan berbeda tentang berapa banyak yang dibutuhkan dan bagaimana cara meningkatkannya.

Para pemimpin Uni Eropa akan membahas hal itu pada konferensi video pada 23 April. Gagasan tentang kemungkinan timbulnya kompromi kemungkinan melibatkan Komisi Eropa yang meminjam di pasar melawan keamanan anggaran UE jangka panjang dan memanfaatkan uang untuk mencapai yang lebih besar.

TAGS:
uni eropasuntikan danaIMF

RELATED STORIES

Loading interface...