Ternyata Sapi Bisa Lawan Infeksi HIV!
Foto: Getty Images
Kesehatan

Ternyata Sapi Bisa Lawan Infeksi HIV!

Senin, 24 Jul 2017 | 12:05 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Sapi kini mulai dikenal dengan antibodinya, yang kebal terhadap infeksi HIV.Dan para peneliti sepertinya mulai tertarik dengan temuannya ini.Terlebih lagi, daging sapi sudah dijual di berbagai negara, kecuali India.

Salah satu pertanyaan terbesar yang dihadapi peneliti yang mengembangkan vaksin melawan HIV adalah mengapa orang yang terinfeksi tidak secara efisien membuat antibodi terhadap virus.

Para ilmuwan memperkirakan sekitar 20% orang yang terinfeksi HIV menghasilkan antibodi penetralisir umum (bNAbs): antibodi alami yang dapat mempertahankan sel melawan virus. Bahkan di antara orang-orang yang memproduksinya, produksi itu biasanya dimulai sekitar dua tahun setelah infeksi.

"Kami dihadapkan pada dilema. Orang yang terinfeksi tampaknya tidak membuat antibodi yang benar-benar bagus dalam hal potensi dan keluasan." kata Dr. Anthony Fauci, direktur National Institute of Allergy and Infectious Diseases (NIAID), seperti dikutip dari TIME .

Sejauh ini, para ilmuwan belum bisaberhasil menginduksi penciptaan bNAbs pada manusia melalui vaksin HIV. Di sinilah sapi masuk.

Dalam sebuah studi baru yang diterbitkan di jurnal Nature, para peneliti di Scripps Research Institute, Inisiatif Vaksin AIDS Internasional (IAVI) dan Universitas Texas A & M menunjukkan bahwa mereka mampu menginduksi antibodi yang ampuh melawan HIV pada sapi. Meskipun sapi tidak terkena HIV, sistem kekebalan tubuh mereka menghasilkan antibodi unik melawan infeksi.

Para peneliti menyuntikkan dengan immunogens HIV, yang merupakan protein yang dirancang untuk menghasilkan respons kekebalan terhadap virus. Mereka menemukan bahwa sapi dengan cepat mengembangkan bNAbs terhadap HIV dalam darah mereka.

Para peneliti mampu mengisolasi antibodi dari betis dan melihat lebih dekat. Antibodi yang disebut NC-Cow 1 terungkap sangat kuat saat menyerang HIV.

"Jenis wawasan yang kita dapatkan dari mempelajari ini adalah pemahaman tentang mekanisme dimana sistem kekebalan tubuh sapi mampu menciptakan antibodi ini," kata Fauci.

TAGS:
sapiinfeksi HIVAntibodi

RELATED STORIES

Loading interface...