Terseret Invesstasi Bodong, Mulan Jameela Mengadu ke Jokowi
Celebrity

Terseret Invesstasi Bodong, Mulan Jameela Mengadu ke Jokowi

Rabu, 15 Jan 2020 | 14:36 | Cindy Cesilia

Winnetnews.com -  Nama Mulan Jameela diduga terlibat dalam kasus investasi bodong Memiles. Polda Jawa Timur akan melakukan pemeriksaan terhadap Mulan, namun belum lama ini melalui kuasa hukumnya, Ali Lubis mengatakan bahwa polisi harus memiliki izin tertulis dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memeriksa kliennya dalam kasus investasi bodong beromzet ratusan miliar rupiah, Memiles.

Lubis mengatakan izin tertulis dari Jokowi diperlukan karena Mulan, selaku anggota DPR, memiliki hak imunitas yang diberikan oleh Undang-undang Nomor 13 Tahun 2019 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD atau UU MD3.

"Terkait dengan rencana pemanggilan terhadap klien saya oleh pihak yang berwajib, maka tidak bisa serta merta dilakukan pemanggilan karena saat ini Mulan Jameela sebagai anggota DPR RI yang memiliki hak imunitas yang diberikan oleh UU MD3 dan harus memiliki izin tertulis dari Presiden," kata Ali dikutip dari CNN.

Menurut kuasa hukum istri Ahmad Dhani itu, berdasarkan kontrak perjanjian kerja sama nomor 020/SMS/RCM/MJ/XII/20 tertanggal 5 Desember 2019 antara pihak koordinator bakat sebagai pihak pertama dengan Republik Cinta Management (RCM) sebagai pihak kedua, tidak ada satu pasal pun yang berbunyi tentang hak dan kewajiban Mulan Jameela melakukan promosi untuk Memiles. "Bahwa berdasarkan perjanjian kerja sama tersebut Mulan Jameela hanya tampil sebagai pengisi acara," kata Ali.

Mengetahui hal ini, pihak Istana akhirnya memberikan suaranya terkait permintaan Mulan Jameela Staf Khusus Presiden Bidang Hukum Dini Shanti Purwono mengatakan Polda Jawa Timur tak perlu meminta izin Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk memeriksa anggota DPR dari Fraksi Gerindra, Mulan Jameela.

"Kalau hanya sebagai saksi atau pihak yang diminta keterangannya tidak perlu izin presiden," kata Dini menjelaskan dalam Pasal 245 ayat (1) Undang-Undang tentang Majelis Pemusyawaratan Rakyat,

Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (UU MD3), tidak menyebut harus izin presiden ketika memanggil anggota DPR sebagai saksi.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan akan mengajukan izin tertulis kepada Presiden Jokowi untuk memanggil mantan rekan duet Maia Estianty tersebut.  "Ya (ajukan izin ke presiden Jokowi), mekanismenya ada semua berdasarkan aturan pemanggilan," kata Truno.

Sejahuh ini, Polda Jawa Timur sudah menangkap empat orang tersangka, KTM, FS, ML dan PH. polisi juga berhasil menyita barang bukti uang tunai dari tersangka sebesar Rp122 miliar, 18 unit mobil, dua sepeda motor, puluhan barang elektronik dan beberapa aset berharga lainnya

Sementara itu, tak hanya Mulan Jameela yang bakal diperiksa, beberapa artis dan penyanyi ternama Tanah Air pun akan melakukan pemeriksaan. yakni Eka Deli (ED), Marcello Tahitoe (MT) alias Ello, Adjie Notonegoro (AN), dan Judika (J).

TAGS:
mulan jameelainvestasi bodongMemilesPresiden Jokowi

RELATED STORIES

Loading interface...