'The Queen's Gambit' Dianggap Seksis, Netflix Digugat Rp71 Miliar

Nurul Faradila

Dipublikasikan sebulan yang lalu • Bacaan 1 Menit

'The Queen's Gambit' Dianggap Seksis, Netflix Digugat Rp71 Miliar
Foto: Deadline

Winnetnews.com -  Netflix digugat oleh pemain catur Nona Gaprindashvili dari Georgia, karena dianggap telah membuat pernyataan palsu tentang diirnya dalam serial ‘The Queen’s Gambit’. Dia meminta ganti rugi sebesar USD5 juta (Rp71 miliar) atas pencemaran nama baik kepada layanan streaming tersebut.

Melansir Deadline, secara khusus Nona Gaprindashvili merasa terganggu dengan pernyataan yang ada di final episode ‘End Game’, yang membandingkan pencapaian kehidupan nyatanya dengan Beth Harmon, tokoh yang diperankan Anya Taylor-Joy. Di episode tersebut, seorang komentator mengatakan kalau Gaprindashvili adalah pecatur dunia yang tidak pernah melawan laki-laki.

Nona Gaprindashvili menganggap pernyataan itu salah dan seksis. Pasalnya, ia pernah mengalahkan beberapa pemain catur pria terbaik di dunia dan merupakan wanita pertama yang mencapai status grandmaster catur internasional.

“Gaprindashvili adalah pelopor catur wanita dan ikon yang sangat dicintai di negara asalnya, Georgia. Sepanjang kariernya yang luar biasa, ia memenangkan banyak kejuaran, mengalahkan beberapa pemain catur pria terbaik di dunia, dan merupakan wanita pertama dalam sejarah yang mencapai status grandmaster catur internasional di antara pria,” bunyi gugatan yang diajukan ke pengadilan federal California.

Gugatan itu juga mengklaim bahwa Netflix mengetahui informasi yang ada di dalam serial salah, namun membiarkannya dengan tujuan untuk membuat tokoh Bet Harmon sebagai sosok yang inovatif.

Menanggapi hal ini, Netflix mengatakan kalau mereka sangat menghormati Nona Gaprindashvili dan kariernya. Namun layanan streaming itu percaha bahwa klaim yang disampaikannya tidak pantas dan mereka akan memberikan pembelaan yang kuat, dikutip dari Forbes.

‘The Queen’s Gambit’ merupakan serial terbatas yang diangkat dari novel karya Walter Tevi tahun 1983 dengan judul yang sama. Dirilis pada 23 Oktober 2020, serial ini sudah memengkan enam nominasi di Creative Emmy, yang diselenggarakan pada pekan lalu.

TAGS:

Share This Story

RELATED STORIES

Loading interface...