Tiba-tiba Kesemutan dan Pusing Pas Olahraga? Mungkin Anda Kurang Cairan Winners

Rike
Rike

Tiba-tiba Kesemutan dan Pusing Pas Olahraga? Mungkin Anda Kurang Cairan Winners
WinNetNews.com - Pernah rasakan keduanya ketika berolahraga. Mungkin ada baiknya Anda mengetahuinya mengapa ini terjadi.

Salah satu dokter dari Klinik Slim and Health, RS Mitra Kemayoran, dr Michael Triangto, SpKO menyebutkan ketika kita merasakan mata berkunang-kunang, pusing dan kesemutan saat berolahraga ini bisa jadi disebabkan karena kita kekurangan cairan elektrolit. Ini umumnya terjadi kepada orang-orang yang kebutuhan cairannya kurang tercukupi."Besar kemungkinan kondisi tersebut disebabkan oleh kurangnya cairan dan elektrolit seperti Natrium, Kalium, Calsium juga Chlorida. Harus diketahui juga apakah cukup mengonsumsi cairan dan elektrolit sebelum berolahraga dan frekuensi buang air kecilnya," jelas dr Michael.

Dr Michael menambahkan, bahwa air putih saja dianggap tidak cukup guna memenuhi kebutuhan cairan sewaktu kita melakukan olahraga. Apalagi saat melakukan olahraga berintensitas berat yang dilakukan selama lebih dari 45 menit, minuman elektrolit harus dikonsumsi guna memenuhi kebutuhan zat-zat tertentu. Jika Anda merasakan kepala pusing dan kesemutan setelah 30 menit atau kurang, kemungkinan kebutuhan cairan belum terpenuhi, bahkan sebelum Anda berolahraga. Apalagi berolahraga setelah seharian bekerja atau melakukan aktivitas fisik yang berat.

Cuaca panas pun bisa pengaruhi keluarnya keringat, yang membuat kekurangan cairan menjadi lebih cepat. Maka, perlu diperhatikan juga kondisi cuaca dan tempat sebelum lakukan olahraga."Untuk memastikan kondisi tersebut sebaiknya Anda datang ke dokter spesialis kedokteran olahraga terdekat di kota Anda untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan juga laboratorium untuk pemeriksaan kadar elektrolit di tubuh Anda," ungkapnya.

Sumber&foto:detik.com