Tidak Hanya Bermanfaat Bagi Pencernaan, Kimchi Bisa Atasi Kerontokan Rambut
Kimchi Untuk Rambut Rontok (sumber: koreanbapsang.com)
Kesehatan

Tidak Hanya Bermanfaat Bagi Pencernaan, Kimchi Bisa Atasi Kerontokan Rambut

Selasa, 20 Agt 2019 | 18:45 | Nurul Faradila

Winnetnews.com -  Makanan pedas asal Korea, Kimchi, diketahui memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Salah satu manfaat yang nyata adalah terkait kesehatan pencernaan.

Baru-baru ini, para ahli menemukan jika kimchi ternyata juga baik untuk mengatasi kerontokan rambut. Dilansir dari Daily Mail, makanan pedas dari ferementasi kol, bawang putih, bawang merah, dan lain-lain ini memang sudah populer di masyarakat dan diketahui memiliki kuliatas probiotik yang baik.

Sebuah riset menunjukkan bahwa sebuah kimchi yang diminum dapat membantu menebalkan dan menumbuhkan rambut dalam waktu satu minggu. Studi yang dilakukan doleh Dankook University, Seoul, Korea Selatan. Penelitian ini dilakukan terhadap 23 orang laki-laki yang memiliki masalah kerontokan awal dan yang lainnya sudah mengalami kerontokan pada rambut bagian atas.

Mereka diperintahankan untuk meminum kimchi sebelum sarapan dan sebelum tidur. Setelah sebulan, rata-rata rambut mereka tumbuh dari 85 sampai 90 senitmeter. Empat bulan setelahnya, rambut mereka bertambah sekitar 92 sentimeter setelah minum cairan kimchi.

Para peneliti mengatakan hal ini disebabkan oleh adanya peningkatan yang signifikan yang tampak dan mampu menumbuhkan rambut yang rontok pada pria. Dalam laporan yang diterbitkan oleh World Journal of Men’s Health, dikatakan bahwa “Obat-obatan yang saat ini digunakan bisa berdampak sangat buruk. Jadi penggunannya hanya sementara.”

Kemudian mereka melanjutkan, “Kami menemukan kimchi dapat mendorong rambut tubuh dan mencegah kebotakan. Ini lebih aman dibandingkan dengan strategi perawatan yang dilakukan pada pasien kebanyakan saat ini.”

TAGS:
kesehatanrambut rontokkimchirambut

RELATED STORIES

Loading interface...