Tidur Terlalu Lama Bisa Tingkatkan Risiko Stroke
ilustrasi
Kesehatan

Tidur Terlalu Lama Bisa Tingkatkan Risiko Stroke

Senin, 16 Des 2019 | 07:30 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Tidur bisa memberikan banyak manfaat kesehatan, namun jika kita tidur dengan durasi yang kurang atau berlebihan, bisa jadi akan menyebabkan dampak buruk. Salah satunya adalah peningkatan risiko terkena stroke. Lantas, seperti apa sih durasi tidur yang bisa menyebabkan peningkatan risiko penyakit ini?

Durasi Tidur yang Bisa Meningkatkan Risiko Stroke

Penelitian yang dilakukan di Tiongkok menghasilkan fakta bahwa tidur dalam durasi sembilan jam dan ditambah dengan durasi tidur siang yang lama bisa meningkatkan risiko stroke dengan signifikan. Bahkan, jika dibandingkan dengan mereka yang kurang tidur, risiko ini tetap saja lebih besar.

Dalam penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Neurology Journal ini, setidaknya 31.750 partisipan berusia dewasa dilibatkan. Mereka dicek kebiasaan tidurnya setiap hari. Selain itu, mereka juga dicek kebiasaannya sehari-hari dan kondisi kesehatannya secara keseluruhan.

Setelah enam tahun, disebutkan bahwa partisipan yang tidak memiliki masalah stroke atau masalah kesehatan lainnya ternyata memiliki waktu tidur, termasuk tidur siang yang ideal. Hanya saja, mereka yang memiliki masalah stroke, ternyata juga bisa disebabkan oleh pola tidur yang buruk.

Sebagai informasi, di akhir masa penelitian, ditemukan 1.439 kasus stroke dan 119 kasus orang yang memiliki risiko lebih besar untuk terkena penyakit ini.

Hasil dari penelitian ini adalah, tidur selama sembilan jam atau lebih setiap malam akan meningkatkan risiko terkena stroke hingga 23 persen dibandingkan dengan mereka yang tidur kurang dari delapan jam setiap malam. Selain itu, mereka yang tidur siang lebih dari satu setengah jam setiap hari juga memiliki risiko lebih besar 25 persen terkena stroke dibandingkan dengan mereka yang tidur siang kurang dari 30 menit.

Partisipan yang tidur malam dan siang dalam durasi yang panjang memiliki risiko terkena stroke 85 persen lebih besar. Jika kualitas tidurnya juga buruk, risiko terkena penyakit yang sama juga meningkat hingga 29 persen.

“Memang, butuh penelitian lebih banyak untuk mengetahui bagaimana durasi tidur yang panjang bisa meningkatkan risiko stroke. Hanya saja, hal ini sepertinya terkait dengan peningkatan lingkar pinggang atau kadar kolesterol tubuh,” ucap salah satu peneliti, Xiaomin Zhang dari Huazhong Science and Tech University, Wuhan, Tiongkok.

TAGS:
tidur lamastroke

RELATED STORIES

Loading interface...