Tiga Kecamatan dengan Kasus DBD Tertinggi di Jakarta
Nasional

Tiga Kecamatan dengan Kasus DBD Tertinggi di Jakarta

Jumat, 12 Feb 2016 | 16:50 | Rusmanto
WinNetNews.com - Data Dinas Kesehatan DKI Jakarta mencatat selama 2016, telah terjadi 1.337 kasus demam berdarah dengue (DBD). Kasus tersebut terjadi di seluruh wilayah dari Januari sampai dengan saat ini.

Berdasarkan data tersebut, ada tiga kecamatan yang memiliki kasus DBD tertinggi, yakni Cengkareng di Jakarta Barat dengan 84 kasus, Duren Sawit di Jakarta Timur dengan 77 kasus, dan Pasar Minggu di Jakarta Selatan dengan 68 kasus.

Meski Cengkareng tercatat menjadi kecamatan dengan kasus DBD tertinggi di Jakarta, secara keseluruhan wilayah Jakarta Barat bukan menjadi wilayah dengan kasus DBD tertinggi. Karena wilayah dengan kasus DBD tertinggi justru terjadi di Jakarta Selatan.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan, kasus DBD yang terjadi di Jakarta Selatan mencapai 389 kasus. Dari 389 kasus DBD yang terjadi di Jakarta Selatan, kasus tertinggi terjadi di Pasar Minggu dengan 68 kasus. Menyusul berturut-turut Kebayoran Lama dengan 61 kasus, Jagakarsa dengan 49 kasus, dan Tebet dengan 47 kasus.

 

Di bawah Jakarta Selatan, ada Jakarta Timur yang kasus DBD-nya mencapai 382 kasus. Dari jumlah tersebut, kasus DBD tertinggi terjadi di Duren Sawit dengan 77 kasus. Menyusul berturut-turut Pulogadung dengan 52 kasus, Kramatjati dengan 48 kasus, dan Ciracas dengan 45 kasus.

Sementara itu, Jakarta Barat menjadi daerah dengan kasus DBD tertinggi ketiga dengan 245 kasus. Di wilayah ini, kasus tertinggi terjadi di Cengkareng dengan 84 kasus. Menyusul Grogol Petamburan dengan 47 kasus, Kalideres dengan 35 kasus, dan Palmerah dengan 23 kasus.

Jakarta Utara sendiri berada di peringkat keempat dengan 213 kasus. Di wilayah ini, kasus DBD tertinggi berada di Koja dengan 49 kasus. Menyusul berturut-turut Cilincing dengan 46 kasus, Kelapa Gading dengan 38 kasus, dan Penjaringan dengan 34 kasus.

Wilayah dengan kasus DBD terendah adalah Jakarta Pusat. Di wilayah ini, kasus DBD yang terjadi hanya mencapai 108 kasus. Kasus DBD tertinggi terjadi di Sawah Besar dengan 20 kasus. Menyusul berturut-turut Johar Baru dan Kemayoran dengan 18 kasus, dan Tanah Abang dengan 14 kasus.

disadur dari situs kompas online

TAGS:
demam berdarah dengueDBD

RELATED STORIES

Loading interface...