Tiga Mitos Penyakit Stroke yang Salah Kaprah
Ilustrasi: Association of Migrain Disorders
Kesehatan

Tiga Mitos Penyakit Stroke yang Salah Kaprah

Sabtu, 23 Nov 2019 | 14:12 | Amalia Purnama Sari
Winnetnews.com - Penyakit stroke sampai saat ini merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia dan di Indonesia. Stroke juga merupakan penyebab kecatatan nomor satu di dunia. Dari segi keseharian, masih banyak mitos-mitos yang berputar di masyarakat mengenai penyakit stroke.

Melansir Detik Health, dokter saraf dari rumah sakit Atma Jaya Pluit, dr. RR Josephine, SpS menjelaskan bahwa mitos-mitos yang berkembang di masyarakat ini berbahaya dan harus dibuang jauh karena justru bisa menyesatkan para penderita stroke.

Mitos pertama: menusuk jari dengan jarum bisa menyembuhkan stroke

image0
Ilustrasi: Liputan6

Hal ini sungguh keliru. Pada dasarnya, tusuk jarum bisa menstimulasi otak untuk memunculkan kesadaran. Namun dr. Josephine mengatakan bahwa sterilisasi jarum merupakan hal yang perlu diperhatikan. Kamu tidak boleh sembarangan menusuk jarimu dengan jarum karena dapat memunculkan infeksi tetanus.

“Jangan sampai jarum yang kita gunakan kotor dan berkarat. Kondisi ini bisa memunculkan infeksi tetanus. Jangan lakukan saat golden period dan menghambat kita dalam mencari perotolongan pertama karena stroke. Kalau nunggu nusuk-nusuk dulu lalu baru cari bantuan ya ini namanya fatal,” kata dr. Josephine.

TAGS:
strokepenyakit strokemitos penyakit stroke

RELATED STORIES

Loading interface...