Tiga Pulau Terpadat di Dunia, Jawa Termasuk?

Amalia Purnama Sari
Amalia Purnama Sari

Tiga Pulau Terpadat di Dunia, Jawa Termasuk? Sumber: Nusantara News

Winnetnews.com - Jika berbicara mengenai pulau paling padat di Indonesia, kamu pasti akan langsung berpikir tentang Pulau Jawa. Hal itu memang tidak salah, karena Pulau Jawa saat ini memang dinobatkan sebagai pulau paling padat di Indonesia. Tidak hanya sampai level Indonesia, Pulau Jawa ternyata merupakan pulau paling padat di dunia! Wow!

Menyusul Jawa, ada Pulau Honshu di Jepang dan Pulau Britania di Inggris. Menariknya, pulau-pulau ini juga merupakan pusat ibu kota negara. Pulau Jawa memiliki Jakarta sebagai ibu kota, Pulau Honshu dengan Tokyo, dan Pulau Britania dengan London.

Namun khusus untuk Pulau Britania, terdapat ibu kota lain yang turut masuk ke dalam kerajaan Inggris. Mereka adalah Edinburgh di Skotlandia dan Cardiff di Wales.

World Atlas menyebut Pulau Jawa sebagai pulau paling padat di dunia, dengan total 141 juta jiwa. Hal yang lebih mengejutkan adalah sekitar 56 persen penduduk Pulau Jawa ini merupakan warga tetap (tinggal permanen) di pulau tersebut.

Pulau Jawa merupakan pulau terbesar kelima di Indonesia dan merupakan pulau terbesar ke-13 di dunia. Beberapa sumber bahkan mengungkap jika Pulau Jawa mewakili sebanyak 1 persen dari keseluruhan penduduk dunia.

Sedangkan Pulau Honshu merupakan pulau terbesar di Jepang. Pulau ini dihuni sekitar 100 juta orang dengan 25 persen dari total penduduknya tinggal di Tokyo. Selain Tokyo, kota-kota padat penduduk di Pulau Honshu lainnya meliputi Kamakura, Kyoto, dan Nara.

Berbeda dengan dua pulau sebelumnya, Pulau Britania terletak di daratan Eropa. Pulau ini milik kerjaan Inggris dimana wilayahnya terpisah dengan daratan Eropa. Pulau Britania dihuni oleh sekitar 65 juta jiwa. Kota-kota terpadat meliputi Liverpool, London, Glasgow, Nottingham, dan Manchester.