Tiongkok Siap Buat "Wikipedia" Versi Sendiri yang Diluncurkan 2018 Nanti
Techno

Tiongkok Siap Buat "Wikipedia" Versi Sendiri yang Diluncurkan 2018 Nanti

Rabu, 3 Mei 2017 | 17:33 | Ahmad Mashudin

WinNetNews.com - Di internet, kita dapat mengetahui banyak hal mulai dari profil sebuah negara, seorang publik figur, teknologi, perusahaan, lagu, film, game, lain sebagainya. Wikipedia merupakan ensiklopedia bebas yang sering kita gunakan untuk mengetahui informasi dari hal-hal tersebut. Ya, informasi dari Wikipedia memang mudah diterima oleh banyak orang, meskipun tidak semua informasi yang ditulis disana benar seluruhnya.

Namun jika kita berada di negara Tiongkok, maka kita tidak bisa mengakses website tersebut karena negara telah melarang akses ke layanan tersebut. Untuk melengkapi kebutuhan informasi masyarakatnya, negeri Tirai Bambu itu berinisiatif untuk membuat “Wikipedia” versi buatan mereka sendiri dan layanan tersebut akan mulai meluncur pada tahun 2018 mendatang.

Dijuluki sebagai “Chinese Encyclopedia”, website tersebut akan menyerap 20.000 orang untuk membantu membangun website dengan rencana untuk 300.000 masukan di awal pembangunannya. Chinese Encyclopedia sendiri nantinya akan dipimpin oleh Editor Yang Muzhi yang telah digambarkan sebagai Great Wall dari budaya. Tentu ini merupakan proyek yang cukup ambisius oleh negara yang tidak terlalu terbuka dengan layanan dari luar negeri.

Hal tersebut memang tidak mengejutkan, dimana setelah selama ini Tiongkok melarang layanan asing masuk ke negaranya, dan mereka membuat versi mereka sendiri. Sebagai contoh, Tiongkok membangun Youku yang merupakan YouTube versi mereka, Weibo merupakan Twitter versi mereka, dan yang tak ketinggalan ada Baidu yang merupakan mesin pencari lawan dari Google.

Menurut Muzhi, ia mengklaim bahwa tujuannya adalah tidak untuk meniru Wikipedia tetapi untuk memperbaiki layanan itu, “Kami memiliki terbesar, tim penulis berkualitas yang paling tinggi di dunia. Tujuan kami adalah tidak untuk mengejar, tapi menyalip.”

TAGS:
WikipediaTiongkok

RELATED STORIES

Loading interface...