Tips agar Ibu Hamil Tidak Stres Selama Pandemi COVID-19
ilustrasi
Kesehatan

Tips agar Ibu Hamil Tidak Stres Selama Pandemi COVID-19

Minggu, 3 Mei 2020 | 09:15 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Pandemi COVID-19 memang membuat banyak orang khawatir bahkan hingga stres, tidak terkecuali ibu hamil. Padahal, stres pada ibu hamil dapat membawa pengaruh buruk pada bayi di dalam kandungannya. Lantas, bagaimana mencegah stres pada ibu hamil selama pandemi COVID-19 ini?

Mencegah stres pada ibu hamil selama masa pandemi

Dilansir dari Pregnancy, Birth, and Baby, sejauh ini memang belum ada bukti bahwa wanita hamil berisiko lebih besar terkena penyakit yang serius jika terkena COVID-19. Namun, ibu hamil sangat mungkin terkena penyakit pernapasan yang bisa berujung pada komplikasi serius bila tidak ditangani. Oleh karena itu, ibu hamil perlu mengantisipasi penularan COVID-19 untuk menghindari hal tersebut.

Saat mengkhawatikan hal tersebut, ibu hamil terkadang stres hingga cenderung tidak berselera makan dan sulit tidur. Hal ini tentu saja tidak baik bagi kesehatannya. Untuk itu, ibu hamil perlu mencegah stres selama pandemi COVID-19 ini. Berikut tipsnya:

1. Percayai rekomendasi tim medis

COVID-19 memang sangat mengkhawatirkan. Namun, ibu hamil perlu ingat bahwa tim medis sudah siap dalam mengatasi dan menangani ibu hamil yang menderita penyakit pernafasan akibat virus lainnya, seperti SARS-Cov-1 dan MERS-Cov. Begitu pula dengan virus COVID-19.

Dengan mempercayai tim medis, ibu bisa lebih tenang dan terhindar dari stres selama COVID-19 ini. Namun, ibu hamil juga tetap perlu menjaga kebersihan dan kesehatan untuk terhindar dari virus ini.

2. Hindari baca berita tentang pandemi COVID-19 berlebihan

Selama pandemi COVID-19, ibu hamil juga perlu untuk mendapatkan informasi dan berita terbaru mengenai COVID-19. Hal ini untuk mengklarifikasi informasi mengenai COVID-19 yang tidak benar dan sebagai bentuk antisipasi penularannya.

Namun, ibu hamil pun perlu membatasi melihat informasi tersebut agar tidak menjadi stres. Paling tidak bacalah berita mengenai COVID-19 satu kali sehari pada pagi hari atau sebelum makan malam.

3. Batasi penggunaan media sosial

Informasi dan diskusi mengenai COVID-19 banyak tersebar di media sosial. Oleh karena itu, ibu hamil perlu membatasi penggunaan media sosial ini.

Terus menerus membahas soal COVID-19 selama pandemi ini justru bisa membuat ibu hamil panik, kesal, dan berakhir pada stres. Ubahlah topik pembicaraan saat menggunakan media sosial.

4. Tetap menjaga hubungan dengan teman atau saudara

Menjaga silaturahmi dengan teman atau saudara dapat menghilangkan kebosanan dan mencegah stres, termasuk pada ibu hamil.

Meski sedang social distancing karena pandemi COVID-19, ibu hamil masih bisa tetap terhubung dengan teman atau saudara melalui telepon atau video call. Namun, jangan terus menerus membahas COVID-19 saat terhubung dengan teman atau saudara yang justru bisa membuat Anda stres.

5. Upayakan Tidur yang cukup

Susah tidur saat hamil merupakan hal yang umum, karena perubahan tubuh yang terjadi. Padahal, kurang tidur pada ibu hamil dapat membahayakan dirinya dan bayi di dalam kandungannya.

Oleh karena itu, ibu hamil perlu mendapatkan tidur yang cukup agar tetap sehat dan terhindar dari stres, termasuk selama pandemi COVID-19. Untuk mendapatkan tidur yang cukup, ibu hamil perlu tidur tepat waktu dan mengurangi melihat telepon seluler sebelum tidur.

TAGS:
ibu hamilstresCovid19

RELATED STORIES

Loading interface...