Tips Agar Kepala Tidak Mudah Pusing saat Terserang Flu
ilustrasi
Kesehatan

Tips Agar Kepala Tidak Mudah Pusing saat Terserang Flu

Minggu, 11 Agt 2019 | 09:15 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Saat sedang terserang flu atau pilek, tidak jarang gejala-gejala seperti sakit kepala atau pusing muncul. Hal ini tentu buat Anda tidak nyaman beraktivitas, ditambah lagi hidung sulit bernapas dengan normal karena tersumbat. Lalu, bagaimana cara mengatasi pusing saat pilek menyerang? Simak penjelasannya di bawah.

Mengapa kepala terasa pusing saat pilek?

Pusing yang disebabkan pilek umumnya terjadi akibat adanya penyumbatan di dalam saluran sinus pada hidung.

Sinus adalah ruang kosong yang terletak di dahi, tulang pipi, dan bagian belakang batang hidung Anda. Pada kondisi normal, sinus memproduksi lendir dalam jumlah yang sedikit.

Namun, apabila sinus meradang, hal tersebut dapat mengakibatkan saluran sinus tersumbat. Lendir akan menumpuk di dalam sinus dan menyebabkan pembengkakan di dalam hidung.

Rasa sakit akibat bengkak dan hidung tersumbat ini akan terasa di kepala, yang terkadang juga merambat ke tulang pipi dan batang hidung.

Penyebab peradangan sinus di antaranya adalah infeksi virus influenza, reaksi alergi, atau kemungkinan adanya masalah kesehatan yang lebih serius seperti polip hidung dan sinusitis kronis.

Pusing saat pilek biasanya disertai pula dengan gejala lainnya, seperti demam, sakit tenggorokan, nyeri otot, mual, dan kehilangan nafsu makan.

TAGS:
sakitpilek

RELATED STORIES

Loading interface...