Tips Agar Tetap Bugar Selama Perjalanan Menuju Tanah Suci
ilustrasi
Lifestyle

Tips Agar Tetap Bugar Selama Perjalanan Menuju Tanah Suci

Selasa, 10 Mar 2020 | 10:59 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Perjalanan di pesawat menuju Tanah Suci menempuh waktu selama sembilan jam. Maka itu, jemaah haji perlu menerapkan tips sehat saat melakukan perjalanan udara jarak jauh. Karena perjalanan tidak singkat, maka jemaah perlu tetap prima selama penerbangan panjang. Simak tips bugar perjalanan jarak jauh menuju Tanah Suci berikut ini.

Kondisi di pesawat yang perlu Anda ketahui

Tidak hanya sebelum berangkat haji, tetapi kesehatan juga perlu dijaga selama Anda dalam perjalanan di pesawat. Bila tidak enak badan menyerang, tentu Anda jadi kurang nyaman selama menjalani ibadah haji.

Berada di kabin selama 9 jam, berarti Anda akan berada di lingkungan yang sama dengan kondisi udara yang sama. Di kabin, tekanan udara juga menantang sistem pernapasan Anda untuk menghirup udara dengan kadar oksigen yang terbatas.

Selain itu, kelembaban udara di pesawat cenderung rendah, hanya sekitar 25%. Sementara itu, di lingkungan normal seperti di rumah, kelembaban udara mencapai 35%. Pada kondisi kelembaban udara normal ini memudahkan Anda untuk bernapas.

Selain kondisi udara yang lembab, aktivitas fisik juga berkurang karena ruang gerak yang sempit. Banyak orang yang menghabiskan waktunya duduk selama perjalanan udara jarak jauh.

Masalah yang sering dihadapi adalah terjadinya gumpalan pembuluh darah vena pada kaki atau dikenal dengan istilah medis deep vein thrombosis (DVT). Mobilitas yang rendah saat di pesawat dan ruang kaki yang sempit, cenderung memicu DVT.

Meski ini jadi tantangan untuk tetap bugar di pesawat, cobalah lakukan tips sehat jemaah haji di pesawat.

TAGS:
ibadah hajiperjalanan dalam pesawat

RELATED STORIES

Loading interface...