Tips Dapatkan Tiket Pesawat Murah Tanpa Tunggu Promo

Nadia Chevina
Nadia Chevina

Tips Dapatkan Tiket Pesawat Murah Tanpa Tunggu Promo
WinNetNews.com - Seiring dengan perkembangan zaman, transportasi udara kini jadi alternatif yang jauh lebih terjangkau untuk semua orang. Bahkan ada istilah populer "Penerbangan Murah" dikalangan para traveler yang ingin pergi ke dalam atau luar negeri dengan waktu perjalanan yang singkat dan hemat biaya.

Namun patut diingat bahwa penerbangan dengan tarif murah tidak selalu tersedia setiap saat. Maskapai penerbangan dan pihak travel biasanya menggelar promo diwaktu-waktu tertentu dan terkadang ketika ada promo waktu terbangnya berbentunya dengan kegiatan lain.

Tapi kini Anda tak perlu khawatir, kami akan memberikan tips-tips menarik yang bisa memperbesar peluang Anda mendapatkan tiket penerbangan impian dengan murah dan hemat tanpa tunggu promo. Berikut ulasannya:

1. Lakukan Pengecekan Jauh-Jauh Hari dan Sesering Mungkin

Selisih harga tiket pesawat yang dibeli dari jauh-jauh hari dan menjelang hari keberangkatan biasanya cukup jomplang. Apalagi jika Anda membeli tiket di kisaran tujuh hari sebelum perjalanan, bisa dipastikan Anda akan mendapat harga yang jauh melonjak dibandingkan sebelumnya.

Ini merupakan hal yang wajar, mengingat tarif penerbangan sifatnya fluktuatif atau sering berubah-ubah dengan cepat dari waktu ke waktu. Intinya, dalam memesan penerbangan, timing adalah segalanya.

Segera lakukan pengecekan biaya begitu Anda tahu kapan harus terbang. Setelah itu, lakukan pengecekan ulang setiap waktu, setidaknya satu kali tiap pekan, untuk menemukan penawaran yang benar-benar sesuai dengan keinginan Anda.

2. Beli di Waktu yang Tepat

Masih berhubungan dengan tips pertama. Anda harus tahu kapan waktu yang paling pas untuk memesan tiket pesawat, demi mendapatkan harga termurah. Menurut survei yang digelar di Amerika Serikat, waktu yang paling

ideal untuk memesan tiket adalah 49 hari atau tujuh pekan sebelum perjalanan.

Namun tentu saja pakem tersebut tidak berlaku mutlak, tergantung pada seberapa jauh Anda akan pergi atau fasilitas seperti apa yang Anda harapkan dari penerbangan yang akan Anda gunakan nanti.

3. Pilih Hari yang Tepat

Hari di mana Anda melakukan pemesanan bisa memainkan peran yang penting dalam biaya perjalanan Anda. Rabu dan Kamis biasanya merupakan hari di mana tiket penerbangan domestik ditawarkan dengan harga paling tinggi.

Jika Anda berniat untuk melakukan perjalanan di akhir pekan, lebih baik Anda memesan penerbangan antara hari Sabtu hingga Selasa. Sementara jika perjalanan dilakukan saat weekdays, disarankan memilih penerbangan antara hari Selasa hingga Selasa berikutnya.

4. Perhatikan Musim liburan

Mengetahui kapan Anda akan berangkat sama pentingnya dengan hari di mana Anda harus membeli tiket pesawat. Karena hal paling krusial yang menentukan murah tidaknya harga tiket adalah seberapa penuh pesawat yang Anda tumpangi.

Oleh karena itu, wajar jika harga tiket lantas melambung di hari-hari menjelang dan sesudah hari libur nasional seperti Idul Fitri atau Natal. Selain itu, beberapa destinasi, terutama di luar negeri, juga dibandrol dengan harga yang bervariasi berdasarkan waktu-waktu tertentu.

Dilansir dari laman liputan6