Tips Hilangkan Bau Amis Menyengat Saat Masak Ikan Asin
Tips hilangkan bau amis pada ikan asin. Foto: Istimewa
Kuliner

Tips Hilangkan Bau Amis Menyengat Saat Masak Ikan Asin

Kamis, 16 Mar 2017 | 09:55 | kontributor

WinNetNews.com - Siapa yang tidak kenal dengan ikan asin. Ikan asin adalah makanan khas rakyat Indonesia yang rasanya sangat nikmat. Biasanya disajikan bersama sayur asam atau sayurlodeh. Makanan ini dibilang sebagai panganan rakyat karena harganya yang cukup terjangkau dan banyak ditemui di seluruh wilayah Indonesia.

Dibalik rasanya yang nikmat, memang ikan asin memiliki bau amis yang sangat menyengat. Bau amis yang menyengat ini kadang membuat sebagian orang enggan memasak dan mengonsumsi ikan asin. Ternyata ada trik memasak ikan asin supaya bau amisnya tidak terlalu menyengat. Triknya pun tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Berikut ini trik yang perlu dicoba untuk menghiolangkan bau amis menyengat pada saat mengolah ikan asin.

1. Rendam dengan air panas

Rendam ikan dengan air panas, sebelum dimasak. Tujuannya adalh untuk mengurangi kadar garam dan membersihkan kotoran-kotoran yang masih menempel di permukaan ikan.

2. Lumuri dengan perasan jeruk nipis

Kita bisa memanfaatkan air perasan jeruk nipis untuk mellumuri ikan asin sebelum dimasak. Diamkan kurang lebih selama 10 - 20 menit. Setelah itu, bilas ikan hingga bersih.

3. Jangan segan bermain dengan bumbu

Kita bisa menambahkan bumbu pelengkap seperti daun jeruk, daun salam, serai, jahe, lengkuas, atau daun kemangi, agar membuat masakan ikan asin semakin terasa lezat dan beraroma sedap. Aroma wangi yang dihasilkan oleh bumbu dapur tersebut, bisa mengalahkan bau amis menyengat pada ikan asin.

Nah, itulah beberapa trik yang bisa kita lakukan dirumah sebelum memasak ikan asin agar baunya tidak terlalu amis. Trik ini tentu sangat membantu kita agar cita rasa dan aroma makanan menjadi lebih nikmat. Selamat mencoba!

TAGS:
asinikan asinbau menyengatbau amismasak

RELATED STORIES

Loading interface...