Tips Mengatasi Gusi Bengkak yang Aman untuk Anak-anak

Rusmanto

Dipublikasikan setahun yang lalu • Bacaan 1 Menit

Tips Mengatasi Gusi Bengkak yang Aman untuk Anak-anak
ilustrasi
Winnetnews.com -  Gusi bengkak pada anak adalah kondisi yang umum ditemukan dan cukup mengganggu karena dapat membuat anak rewel dan tidak nafsu makan. Untuk mengatasinya, Anda memerlukan obat gusi bengkak yang ampuh sekaligus aman untuk si kecil. 

Tidak semua cara mengobati penyakit gusi pada orang dewasa bisa diterapkan pada anak-anak. Ada sejumlah anjuran yang perlu Anda perhatikan agar tidak memperparah kondisinya. 

Berikut penjelasan cara mengatasi gusi bengkak pada anak, baik dengan obat medis di apotek atau obat alami yang tersedia di rumah.

Penyebab timbulnya gusi bengkak pada anak

image0

Gusi bengkak adalah masalah mulut yang umum terjadi. Kondisi ini ditandai dengan jaringan lunak gusi yang berwarna kemerahan, tampak menonjol keluar, sensitif pada rangsangan, terrasa nyeri, dan nyut-nyutan yang tidak tertahankan.

Secara umum, terdapat beberapa hal yang bisa menyebabkan timbulnya gusi bengkak pada anak, di antaranya:

  • Pertumbuhan gigi anak. Hal ini dimulai dari tumbuhnya gigi susu pada anak mulai usia 5 bulan hingga 3 tahun sebelum akhirnya gigi susu mulai tanggal dan digantikan gigi tetap pada saat anak berusia 6-7 tahun. Proses tumbuh gigi pada anak dapat menimbulkan gusi bengkak dan sensasi tidak nyaman di mulut.
  • Radang gusi. Salah satu gejala radang gusi (gingivitis) adalah gusi bengkak dan mudah berdarah yang utamanya disebabkan oleh kondisi kebersihan mulut yang buruk. Hal ini bisa dipicu apabila anak jarang sikat gigi dan terlalu banyak konsumsi makanan manis atau asam. Radang gusi yang tidak diobati bisa berkembang jadi infeksi gusi (periodontitis).
  • Abses gigi. Kondisi ini ditandai dengan timbulnya benjolan berisi nanah yang terbentuk di sekitar gigi akibat infeksi bakteri. Abses gigi dapat dialami oleh anak-anak apabila malas menyikat gigi dan melakukan teknik pembersihan yang tidak sesuai anjuran
TAGS:

Share This Story

RELATED STORIES

Loading interface...