Tips Perawatan Kulit Kering saat Musim Dingin
Ilustrasi kulit cantik dan sehat. Foto: Istimewa
Kesehatan

Tips Perawatan Kulit Kering saat Musim Dingin

Kamis, 16 Feb 2017 | 17:32 | kontributor

WinNetNews.com - Saat memasuki musim dingin, salah satu hal yang paling sensitif dan membutuhkan perawatan ekstra adalah kulit. Seringkali kita mengabaikan kesehatan kulit kita setelah seharian bersenang-senang menikmati liburan dan kegiatan lainnya yang membuat bahagia. Saking fokusnya sama liburan, kita melupakan kondisi kulit kita yang kering dan bersisik.

Tahukah kamu kalau kulit kita juga ingin dimengerti, apalagi jika kamu yang memiliki jenis kulit cenderung kering. Kalau kamu nggak pernah memperhatikannya, jangan kaget ya jika suatu hari kamu menemukan kulitmu pecah-pecah, terkelupas, kering, bahkan terjadi lecet atau pendarahan.

Selama musim dingin, tingkat kelembaban udara berkurang, sehingga berpengaruh pada kelembaban kulitmu. Udara dan angin yang dingin akan membuat kulit yang normal akan menjadi kering dan bersisik, apalagi bagi kamu yang sedari awal memiliki jenis kulit kering.

Masalah lain yang bisa kamu dapatkan saat musim dingin adalah bibir pecah-pecah. Tentu ini bisa memperburuk penampilanmu. Terus gimana dong? Tenang, winnetnews punya solusinya untukmu!

1. Jangan Lupa Pakai Pelembab!

Jangan lupa pakai pelembab ya! Apalagi jika kamu memiliki jenis kulit kering. Pelembab tidak hanya berfungsi melapisi kulitmu, tetapi juga mampu melindungi serta menjaga kondisi kulit agar tetap lembab. Jika kulitmu kering. Kamu perlu pelembab yang mengandung minyak.

2. Hindari Uap dan air panas

Menghindari uap dan air panas adalah salah satu tips perawatan kulit yang paling penting untuk kulit kering di musim dingin. Memang mandi air panas dan mandi uap di udara yang dingin sangat menyenangkan. Tapi ini bisa membuat kulit jadi pecah-pecah. Air panas akan menghilangkan minyak alami pada kulit, sehingga kulitmu akan menjadi kering. Gunakan air hangat-hangat kukuh jika ingin membersihkan diri atau mandi. Jangan terlalu panas ya.

3. Lakukan eksfoliasi (pengelupasan) secara teratur

Musim dingin akan membuat kulitmu menjadi kasar dan kering. Debu dan polusi akan bercampur dengan sel-sel kulit mati yang membuat lapisan kotoran pada kulitmu. Akibatnya bercak-bercak hitam akan mampir dan membuat kulitmu menjadi kusam. Eksfoliasi (pengelupasan atau scrubing) adalah cara terbaik untuk membersihkan lapisan debu dan kotoran yang menumpuk di kulit. Shingga kulitmu akan mempertahankan cahaya alami pada kulitmu. Lakukan scrubbing secara lembut minimal dua kali dalam seminggu.

4. Jangan gosok kulit

Setelah mandi atau membersihkan kulit, jangan pernah langsung menggosoknya secara kasar dengan handuk. Kebiasaan ini akan menghilangkan minyak alami yang terdapat di kulitmu. Sehingga kulitmu akan menjadi kering. Jika ingin mengeringkan kulit yang basah, kamu cukup melakukannya dengan menepuik-nepuk atau mengoleskan secara perlahan pada kulitmu dengan handuk yang lembut. Kegiatan ini akan membantu mempertahankan kelembaban kulitmu.

5. Jangan lupa pakai tabir surya (Sunblock)

Jangan berpikir kalau tabir surya hanya digunakan pada saat musim pana saja. Matahari di musim dingin tetap dapat merusak kulitmu. Setiap berpergian ke luar, gunakan tabir surya secara merata di kulitmu. Atau kamu bisa mengatasinya dengan menggunkana pelembab atau lotion yang mengandung spf (anti uv).

TAGS:
kesehatan kulitkulit keringmusim dinginperawatan kulit musim dingintips kecantikanwanita cantikkulit sehat

RELATED STORIES

Loading interface...