Tips untuk Mengurangi Munculnya Biang Keringat

Rusmanto
Rusmanto

Tips untuk Mengurangi Munculnya Biang Keringat ilustrasi
Winnetnews.com - Biang keringat atau miliaria tidak hanya sering terjadi pada anak kecil, tapi juga orang dewasa. Kondisi ini bisa disebabkan oleh cuaca panas dan pakaian yang ketat, sehingga membuat kulit tidak bernapas. Lantas, bagaimana cara mencegah biang keringat pada orang dewasa?

Cara mencegah biang keringat pada orang dewasa

Biang keringat sering terjadi pada negara yang cuacanya panas dan punya tingkat kelembapan tinggi. Kondisi ini disebabkan oleh keringat yang terperangkap tak bisa keluar akibat tersumbatnya kelenjar keringat.

Akibatnya, muncul benjolan kecil berwarna merah dengan jumlah yang cukup banyak. Ruam akibat biang keringat sering menimbulkan rasa gatal serta pembengkakan. 

Pada dasarnya, cara mencegah biang keringat pada orang dewasa dan anak kecil hampir sama. Anda perlu mengurangi apa yang menjadi pemicunya.

1. Tidak memakai pakaian yang tebal dan ketat

Alih-alih menggunakan pakaian yang tebal dan ketat, cobalah untuk menggantinya dengan bahan yang lebih tipis dan menyerap keringat.

Selain itu, hindari menggunakan baju berwarna hitam saat cuaca sedang terik agar panas matahari tidak menyerap baju Anda. 

Hal ini bertujuan untuk mengurangi produksi keringat dan pakaian Anda tidak menjadi lembap karena basah oleh keringat. Dengan begitu, kulit Anda tetap dapat bernapas dan terhindar dari iritasi.