Tolak Layani Pembeli yang Tak Pakai Masker, Barista ini Dapat Tip Virtual Rp1 Miliar
Foto: Facebook/Amber Lynn Gilles
Viral

Tolak Layani Pembeli yang Tak Pakai Masker, Barista ini Dapat Tip Virtual Rp1 Miliar

Senin, 29 Jun 2020 | 09:19 | Nurul Faradila

Winnetnews.com - Penggunaan masker di tengah pandemi virus corona seperti saat ini, memang menjadi sebuah keharusan bagi setiap orang. Akan tetapi, tetap saja ada masyarakat yang membandel dan enggan menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

Belum lama ini, seorang barista Starbucks di San Diego, Amerika Serikat menolak melayani seorang pengunjung yang tidak menggunakan masker. Pengunjung bernama Amber Lynn Gilles ini, kemudian mengunggah foto barista Lenin Gutierrez di akun Facebooknya.

Wanita ini berniat untuk membuat malu sang barista, dengan menuliskan kekesalannya. Padahal, barista tersebut hanya mengikuti peraturan yang berlaku. Pemerintah California mengharuskan masyrakat yang pergi ke tempat umum untuk menggunakan masker, bahkan jika mereka pergi ke restoran atau kafe. Peraturan ini dibuat untuk meminimalisir penyebaran virus corona.

“Inilah Lenin, pegawai Starbucks yang menolak melayaniku karena aku tidak memakai masker. Lain kali, aku akan datang bersama polisi dan membawa surat keterangan dokter,” tulis Amber dikutip dari New York Post.

Lenin Gutierrez
Tangkapan layar kiriman Amber Lynn Gilles. Foto: Facebook

Kiriman yang dibuat oleh Amber ini sudah dibagikan ulang lebih dari 47,000 kali dan mendapatkan komentar sebanyak 133,000 sejak Kamis (25/6) lalu.

Kemudian seorang warganet bernama Matt Cowan membuat tips daring untuk Lenin Gutierrez melalui GoFundMe. Uang yang terkumpul sudah melampaui target awal sebesar 1.000 USD. Tips yang sudah terkumpul hingga 85,947 dollar Amerika Serikat atau Rp1,2 miliar.

Kepada KGTV, Cowan mengatakan bahwa para donatur berkumpul untuk seseorang yang melakukan apa yang seharusnya dilakukan dan berusaha melindungi orang lain. “Itu hanya untuk menunjukkan kepadamu bahwa ada banyak orang baik di luar sana dan itu melebihi yang buruk,” ujar Matt Cowan.

Dalam sebuah video yang diunggah di Facebook pada Rabu (24/6) lalu, Lenin Gutierrez mengatakan kalau ia terkejut melihat apa yang orang-orang lakukan untuknya. Dia menjelaskan kalau sebelumnya ia menanyakan kepada Amber Gilles apakah wanita itu membawa masker dan sebelum ia memperlihatkan kertas peraturan, wanita tersebut pergi begtu saja. Dia kemudian kembali hanya untuk menanyakan nama Lenin dan memfotonya.

Melalui video tersebut, ia juga mengatakan kalau tips yang diberikan oleh warganet ini dapat membuat dirinya meraih mimpinya menjadi seorang dancer.

“Dengan donasi yang diberikan semua orang melalui GoFundMe ini, aku dapat mewujudkan impianku. Aku bisa menyalurkan bakatku lebih baik sekarang. Jadi dari lubuk hati paling terdalam, aku sangat berterima kasih,” tutur Lenin Gutierrez.

TAGS:
viralmaskerbaristaStarbucksvirus corona

RELATED STORIES

Loading interface...