Tolak RUU Permusikan, Kaka Slank Labrak Anang Hermansyah

Aldina
Aldina

Tolak RUU Permusikan, Kaka Slank Labrak Anang Hermansyah Sumber foto: google.com

Winnetnews.com - Menolak RUU Permusikan, Akhadi Wira Satriaji alias Kaka Slank berencana akan menemui Anggota Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat, Anang Hermansyah.

"Gua mau ketemu dia nanti malam. Mau nanya ke dia, ini lo bikin ini waktu itu, ketemunya siapa aja," ungkap vokalis dari Grup Band Slank saat ditemui di Menteng, Jakarta, Selasa, (12/2/2019).

Kaka mengungkapkan pasal-pasal di dalam RUU tersebut tidak akan menguntungkan musisi, termasuk pasal tentang sertifikasi, syarat-syarat band luar yang akan manggung di Indonesia, dan juga pasal yang telah banyak dikritik oleh musisi Indonesia lainnya.


Sumber foto: Tribunnews.com

"Menurut gua, banyak pasal yang harus dihapus. Ibaratnya ini kan kayak kita mau bikin masakan, ada beberapa bumbu yang mestinya enggak diperlukan ya enggak usah dimasukin," tegas Kaka Slank.

"Secara yang sangat berpengaruh terhadap income seniman itu kan pembajakan, jadi la enforcement harus keras. Kalau UU-nya sebenernya kan sudah ada, tapi kalau ada penambahan di RUU ya boleh saja asalkan tidak berlebihan," tambahnya agar diadakannya perlindungan karya untuk musisi Indonesia.

Draf RUU Permusikan ini telah menuai kontra dari musisi Indonesia. Beberapa pasal menjadi inti permasalah, misalnya seperti pasal 32, 33, 34 dan 35 yang menyatakan tentang aturan uji kompetensi dan sertifikasi untuk semua musisi. Bukan hanya itu saja, terdapat pasal yang mewajibkan musisi untuk memakai promotor yang telah memiliki lisensi ketika menggelar suatu acara/pertunjukan.

Masalah ini menjadi beban dan hal yang sangat susah untuk diterima musisi, terutama utuk musisi Indie.