T.O.P BIGBANG dan Ha Yeon Soo Beri Pendapat Soal Cyber Bullying, Begini Respon Dingin Netizen!
Foto: Pinterest
Entertainment

T.O.P BIGBANG dan Ha Yeon Soo Beri Pendapat Soal Cyber Bullying, Begini Respon Dingin Netizen!

Kamis, 17 Okt 2019 | 10:41 | Nisa Diniah

Winnetnews.com - Member BIGBANG, T.O.P dan aktris Ha Yeon Soo baru-baru ini turut andil mengemukakan pendapatnya terkait komentar jahat di internet melalui akun Instagram mereka. Keduanya bergabung dengan banyak selebriti lainnya yang berbicara soal menentang pelaku komentar jahat. Banyak pernyataan telah dibuat pasca meninggalnya Sulli pada 14 Oktober lalu dimana selebriti mengungkapkan kesedihan mereka atas kepergiannya.

Bahkan, Asosiasi Manajemen Hiburan Korea (CEMA) telah menyatakan bahwa mereka akan mengambil tindakan keras untuk memberantas cyber bullying, dan anggota parlemen dilaporkan mengusulkan RUU untuk melawan komentar jahat.

Pada 16 Oktober, T.O.P mengunggah sebuah screenshot postingan orang lain di Instagram Story-nya. Postingan tersebut memperlihatkan seseorang yang wajahnya diselimuti kegelapan dalam hoodie dengan mengangkat jari ke hadapan ponsel mereka, dan tulisan di bawahnya berbunyi, “Komentar jahat adalah pembunuhan. Kebebasan datang seiring dengan tanggung jawab."

image0

Tak hanya T.O.P, aktris Ha Yeon Soo juga memposting foto dan pesan soal komentar jahat di Instagram Story-nya pada hari yang sama. Dia mengunggah screenshot sebuah artikel tentang kondisi mental seseorang yang melakukan bunuh diri, dan bertuliskan:

"Bagian komentar dari halaman berita Naver adalah pesta yang tidak pernah berakhir dari orang-orang yang saling menghujat. Pesta itu tidak terlihat berakhir bahkan setelah seseorang mengambil nyawanya. Apakah kalian belum cukup? Ini memilukan bahkan ketika kita melihat seseorang yang kita tidak tahu mengalami hal itu. Aku berharap karma kembali pada mereka yang menulis komentar penuh kebencian tentang kehidupan seseorang."

image1

Menanggapi hal ini, beberapa netizen mengungkapkan bahwa T.O.P dan Ha Yeon Soo seolah memanfaatkan kematian Sulli agar mereka bisa bebas dari kritik netizen terhadap berbagai kontroversi yang menimpa mereka. Berikut ini beberapa komentar netizen di situs Nate dan Naver:

"Aku pikir ada banyak selebriti yang akan mencoba menggunakan kejadian ini (kematian Sulli) sebagai kesempatan untuk menghilangkan tekanan dari diri mereka sendiri," tutur seorang netter.

"Aku pikir itu tidak benar menganggap semua kritik sebagai bentuk kebencian. Tentu, hujatan yang tidak beralasan pada karakter manusia tidak boleh, tetapi sebagai publik figur, aku pikir itu juga penting untuk mendengarkan kritik yang bisa membantumu mengalami peningkatan," kata netter lain.

"Bagaimana kamu bisa berharap semua orang menyukaimu? Aku tidak berpikir bahwa semua selebriti adalah orang baik sehingga mereka hanya pantas mendapatkan pujian. Jika kamu ingin sukses sebagai publik figur, masuk akal jika kamu harus belajar mendengarkan berbagai pendapat berbeda tentangmu," tambah netter lain.

"T.O.P adalah penjahat yang tidak ingin komentar kebencian," ujar netter lain.

"Komentar tentang T.O.P bukan komentar kebencian. Mulailah merasakan tanggung jawab atas kejahatanmu sendiri dan jalani hidupmu dengan benar," seru netter lain.

"Ha Yeon Soo mencoba menggunakan Sulli untuk keuntungannya sendiri," sambung netter lain.

"Mari kita belajar membedakan antara komentar kebencian dan komentar negatif," ucap netter lain.

"Bagaimana kalau Ha Yeon Soo belajar untuk tidak merespons dengan kejam terhadap penggemar yang menanyakan pertanyaan sederhana. Buka hatimu," protes netter lain.

"Para komentator yang membenci pantas duduk di penjara tetapi para selebriti perlu belajar membedakan antara komentar-komentar kebencian dan kritik yang tidak ingin mereka dengar," sahut netter lain.

"Tolong jangan berpikir untuk menggunakan Sulli untuk diri sendiri, setidaknya Sulli tidak pernah menulis kebencian terhadap penggemarnya sendiri seperti yang Ha Yeon Soo lakukan. Sangat bodoh bagaimana dia mengatakan bahwa dia adalah korban ketika dia sendiri adalah orang yang bersikap seolah dia tidak punya otak selama ini," komentar netter lain.

"Ha Yeon Soo sendiri adalah seorang komentator kebencian. Dia akan menjatuhkan netizen yang tidak bersalah hanya untuk mengajukan pertanyaan ketika dia dalam suasana hati yang buruk," kata netter lain.

TAGS:
Ha Yeon Soocyber bullyingSulli MeninggalArtis KoreaBIGBANG

RELATED STORIES

Loading interface...