Topan Meranti Hantam Cina, Pemerintah Keluarkan Peringatan Tinggi
Internasional

Topan Meranti Hantam Cina, Pemerintah Keluarkan Peringatan Tinggi

Kamis, 15 Sep 2016 | 09:03 | Fellyanda Suci Agiesta

WinNetNews.com - Topan Meranti melanda daratan China setelah mengghancurkan Taiwan. Menurut ahli meteorologi kepada CNN , Topan Meranti tiba di dekat Xiamen di Provinsi Fujian Kamis pagi.

Badai kuat pertama meraup Taiwan selatan, topan Meranti termasuk cepat hingga 230 mph (370 kilometer per jam), lebih cepat dari mobil balap F1. Angin juga turut membawa hujan lebat.

Meranti adalah topan terkuat sejak kejadian super badai Haiyan yang menghancurkan Filipina pada tahun 2013.

Ketika mendarat di atas daratan Cina, kecepatan maksimum badai angin yaitu 145 mph (230 kph) dengan hembusan hingga 175 mph (280 kph).

Koresponden Matt Rivers, di Xiamen, mengatakan beberapa bangunan di seberang di mana kru CNN telah kehilangan sebagian besar jendela bangunan ketika angin menggulung ruangan hingga ke dalam.

Ini adalah hari libur di Cina dan banyak orang berada di rumah atau bepergian untuk melihat keluarga. Angin masih bertiup keras di Xiamen dan kota-kota pesisir lainnya.

Kekuatan Meranti ini mendorong Cina untuk mengeluarkan peringatan tertinggi untuk gelombang laut tinggi, kru darurat dan pejabat siap untuk banjir.

"Topan itu akan membawa angin kencang dan hujan lebat saat di daratan," kata ahli meteorologi Li Mei, menurut kantor berita Xinhua .

Topan Meranti akan melemah dengan cepat ketika bergerak ke pedalaman. hujan deras dan banjir bandang, serta angin yang berbahaya, akan berlanjut hingga 48 jam ke depan. Tanah longsor mungkin akan menimpa di Cina timur.

TAGS:
Cinabencana alamTopan MerantiGelombang Tinggi

RELATED STORIES

Loading interface...