Tren Baru Investasi Sneakers untuk Kaum Milenial

Amalia Purnama Sari
Amalia Purnama Sari

Tren Baru Investasi Sneakers untuk Kaum Milenial Ugly Sneakers (sumber: Women's Health)

Winnetnews.com -  Kaum milenial sekarang memiliki kebiasaan baru untuk berinvestasi. Mereka mencari inovasi untung baru dari investasi sneakers. Seperti apa sih tren investasi sneakers ini?

Investasi ini sebenarnya digagas oleh para pecinta sneakers. Selain rutin membeli dan mengumpulkan sneakers, mereka juga bisa mendapatkan keuntungan berlipat ganda dengan sneakers ini.

Berdasarkan riset yang dilakukan oleh MyVoucherCodes (situs kupon diskon di Inggris), sneakers bisa berharga lebih mahal dari emas. Dari survei yang dilakukan terhadap 50 jenis pasang sepatu yang rilis akhir tahun 2018, hasilnya adalah beberapa sneakers memang memiliki harga jual yang begitu tinggi. Harga jual ini bahkan mencapai 60 kali lipat dibanding harga belinya.

Nike SB Dunk Low Reese Denims (sumber: Sweetsoles)

Contohnya adalah Nike SB Dunk Low Reese Denims yang dirilis tahun 2002 memiliki harga sekitar 65 dollar, namun setelah dijual sekarang harganya bisa mencapai 4.000 dollar atau setara Rp56 juta.

Nilai jual sneakers ini sebenarnya bergantung pada permintaan dan penawaran di pasar. Kreator dari channel YouTube The Sneaker Addict, Dr Delz, mengungkapkan jika semakin tinggi permintaan sneakers namun jumlah di pasaran semakin sedikit, maka semakin besar juga penawaran atau harga dari sneakers tersebut.

Keuntungan ini juga dirasakan soerang pemuda dari Indonesia bernama Mochamad Arsyadham Lazuardi. Pria berusia 20 tahun ini merupakan seorang kolektor sneakers.

Adidas Yeezy Black Pirate (sumber: Tokopedia)

“Pertama kali dulu beli Adidas Yeezy Black Pirate yang booming banget. Dulu harga ritelnya sekitar Rp3 juta. Sekarang saya bisa jual dengan harga Rp20 juta karena barangnya sudah langka,” ujar Lazuardi, dilansir dari Wolipop, Minggu (15/09).

Lazuardi mengakui jika sneakers ini dapat menjadi lading investasi baru bagi kaum milenial dan layak untuk dicoba.